Sukses

Health

Bahaya Memendam Emosi Sendirian, Ganggu Kesehatan Mental dan Sosial

Fimela.com, Jakarta Saat mengalami masalah, setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menghadapinya. Beberapa orang memilih untuk segera menyelesaikan masalah yang ada dengan bercerita atau konsultasi dengan orang terdekat. Tapi, tidak sedikit orang yang memendam masalah tersebut sendirian. Tidak jarang, orang-orang ini kemudian memendam emosi dan perasaan mendalam di hatinya sendirian. 

Ada banyak alasan kenapa seseorang memendam emosinya sendirian. "Alasan kita memendam emosi bervariasi. Tetapi semuanya tampaknya berasal dari rasa takut akan kerentanan, Beberapa dari kita meyakini bahwa memendam emosi memberikan rasa aman. Padahal ini pola pikir yang yang salah." kata Dr. Colleen Mullen, PsyD, LMFT dilansir dari Verywell Mind.

Studi menemukan jika memendam emosi sendirian sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Ini bisa berpengaruh pada kesehatan fisik, mental pun menyebabkan gangguan sosial di kehidupan kita.

Memendam Emosi Bisa Jadi Bumerang

Tanpa kita sadari, memendam emosi nyatanya bisa menjadi bumerang untuk kita sendiri. Memendam emosi apalagi yang berkelanjutan, bisa menyebabkan tekanan fisik. Karena sibuk memendam emosi dan memikirkan masalah sendirian, kita bisa melupakan pola hidup sehat. Inilah yang kemudian berakibat fatal pada kesehatan fisik kita. Fisik akan rentan terganggu oleh pola hidup yang berantakan dan tak sehat. 

Tak hanya itu saja, memendam emosi dipercaya bisa bikin kesehatan mental kita terganggu. Kita rentan stres, cemas dan ketakutan dengan apa yang kita rasakan. Menyangkal perasaan sendiri pada akhirnya bisa berpengaruh pada kepercayaan diri. Seiring berjalannya waktu, ini menimbulkan perasaan bahwa tidak ada yang peduli dengan kita. Ini juga membuatmu berpikir bahwa kamu sendirian. Kamu tidak dibutuhkan atau diperlukan lagi bagi orang lain.

Memendam Emosi Menghambat Hubungan Sosial dengan Orang Lain

Hubungan sosial yang baik akan membentuk kesehatan yang baik pula bagi seseorang. Namun, jika seseorang terlalu memendam emosinya, ini bisa menghambat hubungan sosialnya dengan orang lain. Orang yang terlalu memendam emosinya, biasanya cenderung tertutup dan tidak jujur kepada orang lain. Jika sudah begini, bagaimana ia bisa dikenal oleh orang lain. Bagaimana bisa ia memiliki hubungan sosial yang baik? 

Hubungan sosial dengan orang lain bisa sangat terganggu ketika kamu adalah pribadi yang tertutup.  Ditambah kamu adalah pribadi yang selalu memendam emosi sendirian dan tak mengizinkan orang lain untuk sedikit tahu tentangmu.

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading