Sukses

Health

5 Penyebab Sulit Bangun Pagi padahal Sudah Tidur Lebih Awal

Fimela.com, Jakarta Kualitas tidur bisa sangat mempengaruhi kualitas hidup kita. Idealnya setiap hari kita bisa bangun pagi untuk bisa beraktivitas dengan produktif. Selain itu, bangun pagi juga bisa menunjang pola hidup yang lebih sehat.

Hanya saja masalahnya kadang kita masih sulit untuk bangun pagi padahal sudah berusaha tidur lebih awal. Penyebabnya bisa karena sejumlah hal. Berikut ini lima penyebab umum sulit bangun pagi meski sudah tidur lebih awal seperti yang dilansir dari laman Medicine Net. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

1. Stres

Gangguan kondisi kesehatan mental bisa mengganggu kualitas tidur kita. Kondisi seperti stres, gelisah, dan depresi bisa membuat kita sulit bangun pagi. Tubuh yang terasa gampang capek bisa membuat tubuh terasa sangat berat dan sulit bagi kita untuk bangun pagi.

2. Konsumsi Kafein

Minum minuman berkafein pada larut malam bisa mengganggu kualitas tidur kita. Meski malam harinya bisa tidur, siklus tidur kita tidak akan sama ketika tubuh mengonsumsi kafein karena otak kita lebih aktif.

 

 

 

3. Olahraga Malam

Kalau terbiasa olahraga malam, usahakan untuk menjadwalkannya tidak terlalu mepet atau dekat dengan jadwal tidur. Ketika baru berolahraga, detak jantung dan metabolisme akan meningkat dan ini bisa membuat kualitas tidur kita terganggua. Jadi, usahakan kalau mau berolahraga malam, ada waktu untuk bisa merilekskan tubuh lebih dulu sebelum tidur.

4. Faktor Usia

Pola tidur cenderung berubah seiring bertambahnya usia. Banyak orang yang makin bertambah usianya makin sulit untuk tidur nyenyak. Sehingga kualitas tidur malamnya kurang baik dan membuatnya sulit bangun pagi.

5. Kualitas Tidur yang Buruk

Sudah berusaha tidur lebih awal, tapi sering terbangun di tengah malam karena sering buang air kecil atau terganggu karena suara-suara tertentu bisa membuat kita sulit untuk bangun pagi. Kualitas tidur yang buruk bisa membuat kita sulit bangun pagi.

Itu tadi lima hal yang menjadi penyebab umum kita sulit bangun pagi meski sudah tidur lebih awal. Kalau masalah tidur mulai mengganggu kualitas hidup dan kesehatanmu, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading