Sukses

Health

Studi: Sentuhan Bermanfaat untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Fimela.com, Jakarta Sentuhan seperti jabat tangan, belaian, tepukan di punggung, pelukan atau apapun yang bersifat memberi dukungan serta kasih sayang, ternyata memberi banyak manfaat untuk kesehatan mental seseorang. Studi menemukan jika sentuhan bisa mengurangi stres, rasa sakit dan kesedihan. Para ahli percaya jika sentuhan bisa membantu manusia lebih terikat, dekat dan menguatkan untuk satu sama lain. 

Mengutip dari laman washingtonpost.com, studi yang dilakukan para ahli pada tahun 2021 menemukan jika orang-orang yang kurang mendapat sentuhan dari orang terdekat, rentan mengalami masalah mental. Isolasi yang dilakukan selama pandemi covid-19, membuat seseorang haus akan sentuhan. Mereka juga rentan merasa kurang bahagia dan nyaman dengan hidupnya.

Sentuhan dari Orang Tercinta Penting untuk Mengontrol Emosi

Melalui sentuhan yang lembut dan penuh kasih sayang dari orang tercinta, ini akan membantu seseorang mengontrol emosi dengan lebih baik. Seorang peneliti yang berspesialisasi dalam kognisi sosial di Royal Holloway University of London, Mariana von Mohr mengatakan, “saya pikir sentuhan adalah hal yang penting.”

Penelitian yang dilakukan Von Mohr menemukan jika pasangan yang memiliki keterikatan kuat dari segi fisik pun psikis. Pasangan romantis yang saling memberikan dukungan lewat sentuhan, ini membuat keduanya terhindar dari risiko stres pun depresi. Ini juga membuat keduanya merasa nyaman. Mereka juga lebih mungkin hanya sedikit merasa sakit. Para ahli percaya jika sentuhan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keintiman pasangan. 

Studi juga menemukan jika sentuhan bersifat kasih sayang lembut, akan melepaskan hormon bahagia di tubuh. Ini juga membantu menurunkan produksi hormon stres, sedih atau sakit. Seperti halnya sentuhan yang dilakukan orangtua kepada buah hatinya. Sentuhan kasih sayang orangtua seperti pelukan, ciuman, dan belaian, akan membuat anak merasa bahagia, senang dan aman.

Tidak Semua Orang Suka Sentuhan

Meski sentuhan memiliki manfaat yang mengesankan, tidak semua orang suka akan sentuhan. Beberapa orang merasa bahwa sentuhan adalah hal yang membuatnya kurang nyaman. Setiap pribadi memiliki respon masing-masing terhadap sentuhan yang ia peroleh. 

Itulah sekilas informasi mengenai sentuhan dan manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading