Sukses

Health

Penyebab Flu Tak Kunjung Sembuh yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Pilek atau flu sering dialami oleh banyak orang. Flu memang sudah jadi penyakit yang cukup umum. Bahkan flu sering dianggap sebagai penyakit ringan yang mudah disembuhkan.

Namun jangan sampai kamu menganggap enteng pilek atau flu. Nyatanya penyakit ini bisa mematikan lho, Sahabat Fimela. Apalagi jika tidak ditangani dengan benar.

Flu sebenarnya bisa dialami oleh berbagai usia. Dewasa maupun anak-anak semuanya bisa mengalami flu. Namun tidak jarang orang dewasa mengalami flu yang tidak kunjung sembuh.

Lalu apa penyebab flu tak kunjung sembuh? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Alergi

Flu yang tak kunjung sembuh dapat muncul akibat alergi. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh merespons zat asing yang tidak menimbulkan reaksi pada banyak orang. Zat atau benda asing yang dimaksud antara lain adalah makanan, serbuk sari, serpihan kayu, atau bulu binatang.

2. Polip Hidung

Penyebab flu tak kunjung sembuh yang kamu alami bisa dikarenakan polip hidung. Polip hidung adalah sebuah kondisi pembengkakan selaput hidung tanpa rasa sakit.

Polip hidung terkadang terasa seperti pilek. Bedanya, pilek biasanya hilang setelah beberapa hari, sedangkan polip hidung sulit membaik tanpa perawatan.

3. Sinusitis

Pada orang dewasa ataupun anak-anak, flu yang tidak kunjung sembuh dapat menyebabkan peradangan dan infeksi pada sinus (sinusitis).

Biasanya, sinusitis akut dapat sembuh dalam kurun waktu 7-10 hari. Namun, jika berlangsung lebih dari 12 minggu meski telah diobati, kondisi ini disebut sinusitis kronis.

4. Rinitis Non-alergi

Peradangan pada hidung tanpa adanya alergi juga bisa menjadi penyebab pilek menahun atau yang tak kunjung sembuh.

Pada rinitis non-alergi, peradangan biasanya disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah dan penumpukan cairan di jaringan hidung.

5. Pneumonia

Selain yang disebutkan sebelumnya, flu yang berkepanjangan juga dapat mengarah ke infeksi lain, termasuk pneumonia atau peradangan pada paru-paru.

American Lung Association menyebutkan bahwa influenza, yang gejalanya termasuk pilek, merupakan penyebab umum pneumonia. Ini khususnya terjadi pada anak kecil, orang tua, wanita hamil, atau orang dengan kondisi kesehatan kronis tertentu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading