Sukses

Health

Penyebab Kebotakan Pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang menjadi favorit banyak wanita. Bahkan ada ungkapan yang mengatakan bahwa rambut adalah mahkota bagi kaum hawa. Kebanyakan wanita biasanya menyukai jika rambutnya tergerai panjang. Namun tidak sedikit pula yang lebih suka punya rambut pendek. Namun ada juga yang lebih suka botak dengan berbagai alasan tersendiri.

Namun, ada pula wanita yang mengalami kebotakan secara perlahan. Mungkin dimulai dari rambut yang rontok kemudian lama kelamaan jadi botak.

Nah ternyata, kebotakan yang dialami wanita disebabkan oleh hal yang berbeda dibandingkan kebotakan yang dialami oleh laki-laki. Apa saja penyebab kebotakan pada wanita? Simak penjelasannya berikut ini beserta cara mengatasinya.

1. Genetik

Genetik merupakan salah satu faktor dari kebotakan yang dialami oleh wanita. Kamu mungkin mewarisi gen dari salah satu orangtua yang mengalami kondisi ini.

 

 

2. Perubahan Hormon

Kondisi ini cenderung lebih umum terjadi seiring dengan bertambahnya usia dan mencapai usia paruh baya. Meskipun demikian, kebotakan juga dapat terjadi lebih awal.

Tak hanya itu, kebotakan juga dapat berkembang setelah menopause. Artinya, perubahan hormonal juga bisa menyebabkan terjadinya kebotakan pada wanita.

3. Penyakit Autoimun

Kondisi medis seperti memiliki penyakit autoimun, yaitu alopecia areata, kelainan autoimun langka yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut yang menyebabkan rambut rontok.

Kemudian ada kerontokan rambut dapat terjadi setelah penyakit yang signifikan, seperti infeksi parah, demam tinggi, atau operasi.

4. Efek Samping Obat

Obat-obatan seperti yang digunakan untuk mengobati kanker, dapat menyebabkan kerontokan rambut sebagai efek samping. Namun, rambut biasanya tumbuh kembali setelah seseorang berhenti minum obat.

5. Stres

Stres juga bisa jadi penyebab kebotakan pada wanita. Stres bisa membuat rambutmu jadi rontok bahkan lama kelamaan jadi botak.

Selain itu, mengikat rambut terlalu kencang juga bisa menyebabkan rambutmu rontok. Jangan terlalu sering dilakukan karena bisa berujung pada kebotakan.

Cara Mencegah Kebotakan

Selain tidak melakukan hal-hal yang jadi penyebab kebotakan, kamu juga bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk mencegah kebotakan.

  • Batasi perawatan yang dapat menyebabkan kerusakan rambut, seperti pengeritingan, pelurusan, dan ekstensi rambut.
  • Konsumsilah makanan yang kaya protein, vitamin esensial, dan zat besi.
  • Lindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari dengan mengenakan topi.
  • Hindari menyikat rambut saat basah dan rapuh. Gunakan sisir atau jari saja. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading