Sukses

Health

5 Tips Menghilangkan Bau Badan agar Makin Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Bau badan sering menurunkan tingkat percaya diri. Bau badan sering terjadi, khsusunya pada remaja yang sedang mengalami masa pubertas. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon di dalam tubuh, yaitu hormon androgen. Bau badan tercipta karena adanya perkembang biakan bakteri di kulit sehingga memecah protein dalam keringat menjadi asam. 

Tidak perlu risau, ada banyak cara untuk menghilangkan bau badan ini, seperti mengubah gaya hidup dan pola makan. Karena kedua hal itu sangat berpengaruh menimbulkan aroma tidak sedap pada tubuh. Kira-kira cara apa saja ya? Yuk, simak tips menghilangkan bau badan seperti yang dilansir dari alodokter.com.

Perhatikan Pola Makan

Siapa sangka, pola makan ternyata berpengaruh menimbulkan bau badan, loh. Hindari makanan yang mengandung lemak dan bahan berbau tajam karena bahan-bahan tersebut dapat meningkatkan produksi keringat berlebih dan berefek pada bau badan.

Rutin Memakai Deodoran

Ketiak merupakan salah satu area tubuh yang memproduksi banyak keringat. Hal ini cenderung menyebarkan bau ketiak. Cara yang paling ampuh untuk mengatasi bau ketiak adalah dengan memakai deodoran, namun kamu tetap harus memilah deodoran mana yang cocok, karena jika kamu memakai deodoran yang tidak cocok, kulitmu akan teriritasi. 

Memakai Pakaian yang Menyerap Keringat

Jika kamu memiliki jadwal yang padat yang mengharuskanmu beraktivitas seharian, pastikan pakaian yang digunakan dapat menyerap keringat. Bahan pakaian yang dapat menyerap keringat adalah katun, bahan ini membuat tubuh terasa adem, sejuk, dan tidak gerah. 

Mandi dengan Teratur

Setelah melakukanbanyak kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat, pastikan bilas tubuh secara bersih dengan mandi setidaknya 2 kali sehari. Cara ini merupakan cara yang paling sederhana namun efektif untuk menghilangkan bau badan. Gunakan sabun antibakteri karena dapat mengurangi jumlah bakteri yang menyebabkan bau badan. Setelah mandi, pastikan tubuh kering terutama pada area ketiak.

Merileksasikan Tubuh

Dalam waktu senggang, sempatkan waktu untuk merileksasikan tubuh dan pikiran seperti melakukan yoga atau meditasi. Ternyata, stress yang berlebih dapat merangsang peningkatan produksi keringat. 

Untuk sahabat Fimela yang tidak pede dengan bau badan yang dimiliki, kamu bisa mencoba 5 tips di atas untuk menghilangkannya. Cara tersebut mudah dilakukan dan dijamin berhasil. Selamat mencoba.

Penulis : Auliani Faiziah Haspari

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading