Sukses

Health

Normalkah Rambut Rontok Setiap Hari? Ini Kata Ahli

Fimela.com, Jakarta Bagi setiap orang, rambut merupakan mahkota alami. Rambut menjadi aset yang sangat berharga bagi siapapun. Namun sayangnya, kita rentan menemui masalah pada rambut. Ada beragam masalah pada rambut yang bikin kita merasa cemas, khawatir dan kehilangan rasa percaya diri. Adapun masalah tersebut antara lain rambut rontok, rambut berketombe, rambut kering dan bercabang hingga masih banyak lagi. 

Mengutip dari laman healthline.com, rambut rontok merupakan masalah yang hampir dialami oleh setiap orang. Studi menemukan jika umumnya, rambut akan rontok sebanyak 50 sampai 100 helai perhari. Namun, apakah normal jika rambut terus menerus rontok setiap harinya?

Rambut Rontok Hal yang Normal

Mengutip dari laman liputan6.com, rambut yang rontok setiap hari adalah hal yang normal atau wajar terjadi. Dokter Firman Parrol, SpDVE, pada press conference Bamed Hair Care di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, mengungkapkan jika rambut yang rontok adalah hal yang wajar terjadi. 

Firman mengatakan, “Kalau lagi keramas atau sisiran, terus ada (rambut) yang rontok, itu normal dan pasti terjadi karena rambut kita setiap hari memang pasti ada yang rontok.”

Meski  rambut rontok adalah hal yang wajar, kita perlu waspada jika rambut rontok tanpa sebab jelas. “Walaupun sebenarnya kita tidak menghitung, yang pasti kalau kita merasa rambut kita sudah semakin menipis, lalu kita melakukan hal-hal simpel seperti lagi jalan atau duduk, lalu rambutnya rontok, itu baru perlu dicek,” tambahnya.

Penyebab Rambut Rontok

Ada banyak penyebab kenapa rambut rontok. Penyebab yang umum adalah karena kebersihan rambut dan kulit kepala yang kurang baik. Selain itu, stres, depresi dan penggunaan sampo atau konsidisioner yang tidak cocok untuk jenis kulit, juga berpengaruh pada kesehatan rambut. 

Para ahli juga mengungkapkan jika rambut rontok erat kaitannya dengan kondisi kesehatan seseorang. Beberapa risiko kesehatan meningkatkan rambut rontok. Ini juga menyebabkan masalah rambut lain seperti rambut kering, bercabang hingga tidak tumbuh pasca rontok. 

Itulah sekilas mengenai rambut rontok dan apakah ini normal terjadi? Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading