Sukses

Health

10 Makanan Penurun Berat Badan yang Bantu Kenyang Lebih Lama

Fimela.com, Jakarta Memiliki berat badan yang berlebih terkadang membuat kita mendapat komentar negatif dari beberapa orang. Namun, tak hanya komentar negatif, berat badan yang berlebih terkadang menjadi penghambat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, biasanya orang-orang yang memiliki berat badan berlebih akan melakukan diet sehat atau melakukan lebih banyak aktivitas atau olahraga. 

Melansir dari cdc.gov, menurunkan berat badan bukan hanya tentang diet atau program, tetapi tentang gaya hidup dengan pola makan sehat, aktivitas fisik teratur, dan manajemen stres. Dalam menurunkan berat badan, sebaiknya secara bertahap dan stabil karena lebih memungkinkan untuk berat badan bertahan dalam jangka lebih lama. Dan setelah mencapai berat badan yang diinginkan, sebaiknya kamu tetap melakukan aktivitas fisik dan pola makan  supaya dapat menjaga kesehatan dalam jangka panjang. 

Menurunkan berat badan memang bukan suatu hal yang gampang sehingga perlu komitmen dan kesiapan supaya kamu tetap stabil dalam mencapai berat badan yang diinginkan. Melansir forbes.com, berikut makan-makanan yang dapat dikonsumsi untuk mendukung pola hidup sehat dalam menurunkan berat badan:

Protein tanpa lemak

Ayam, kalkun, daging sapi tanpa lemak yang diberi makan rumput dapat membantu kamu dalam mengurangi rasa lapar dan menstabilkan gula darah. Selain itu, protein nabati seperti polong-polongan, buncis, dan lentil memiliki manfaat yang sama karena kandungan serat yang tinggi.

Telur

Hampir semua vitamin esensial terkandung dalam telur kecuali vitamin C. Ditambah kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, dan potaisum menjadi pelengkap sumber protein. 

 

Jenis Sayur dan Buah

Semua jenis sayuran dapat membantu dalam menurunkan berat badan seperti brokoli, kembang kol, kubis Brussel, dan kol kaya dapat membantu mengurangi masalah pencernaan. Sedangkan sayuran berdaun hijau tua memiliki kandungan protein dan menjadi sumber vitamin, mineral, dan serat yang baik. Selain itu, seledri dan jicama juga memiliki kalori yang rendah.

Alpukat

Buah yang tinggi akan serat dan menjadi sumber lemak sehat berkualitas sehingga menjadikannya sebagai makanan dapat mengurangi rasa lapar. Namun, alpukat padat akan kalori sehingga perlu diperhatikan ukuran porsinya.

Apel

Buah yang tinggi akan serat seperti alpukat dan memiliki antioksidan yang tinggi. Selain itu, memiliki sifat anti-inflamasi dan mengandung fitokimia serta vitamin C.

Berry

Buah yang tinggi akan serat, antioksidan, dan vitamin C sehingga membuat tubuh berfungsi secara optimal.

Kacang dan biji-bijian

Semua kacang merupakan sumber serat, protein, dan lemak sehat yang baik serta dapat mengurangi rasa lapar, sedangkan biji-bijian merupakan sumber mineral dan lemak sehat. Namun, dibalik manfaatnya bagi kesehatan, kamu tetap harus memperhatikan porsinya.

 

 

 

Salmon, Pisang dan Udah Mentah

Salmon memiliki protein dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan asam lemak omega-3 dapat mengurangi berat badan. Sedangkan ikan secara umum akan membuat kamu merasa lebih kenyang dalam jangka waktu yang lama daripada protein lainnya.

Udang

Udang dapat meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan nafsu makan karena merangsang produksi cholecystokinin, yaitu hormon yang memberikan sinyal ke perut bahwa kamu sudah kenyang. Selain itu, kandungan sedang dan selenium dapat menjaga kekebalan tubuh dan peningkatan energi. 

Pisang mentah

Pisang mentah mengandung salah satu sumber pati tahan prebiotik terkaya di dunia yang dapat membuat sel lebih responsif terhadap insulin sehingga mencegah penyimpanan lemak di sekitar lingkar pinggang. Kamu dapat mengkombinasikannya dengan protein seperti dalam smoothie dengan bubuk protein atau selai kacang yang dapat memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lama. 

 

 

*Penulis: Fani Varensia 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading