Sukses

Health

5 Tanda Dirimu Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula

Fimela.com, Jakarta Rasa manis gula memang bisa bikin ketagihan. Ragam minuman hingga camilan yang mengandung gula memang terasa lebih enak. Hanya saja perlu diwaspadai terlalu banyak mengonsumsi gula bisa berpengaruh buruk pada tubuh.

Melansir laman healthywomen.org, American Heart Association menyarankan agar mayoritas perempuan Amerika mengonsumsi gula tidak lebih dari 100 kalori per harinya, yaitu sekitar 6 sdt gula. Sementara pada pria tidak lebih dari 150 kalori per harinya, yaitu sekitar 9 sdt gula. Kali ini kita akan membahas lima tanda yang paling umum saat tubuh mengonsumsi terlalu banyak gula. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Gampang Capek Seharian

Saat mengonsumsi makanan atau minuman bergula, tubuh mungkin akan terasa berenergi. Namun, kenaikan gula darah yang melonjak ini pada akhirnya menurun dan membuat energi ikut menurun. Sehingga tubuh jadi gampang capek. Bahkan membutuhkan lebih banyak gula untuk mendapatkan energi tambahan. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang lebih tinggi serat dan protein agar tidak gampang lapar dan bisa mendapat energi yang cukup untuk beraktivitas.

 

 

2. Kulit Gampang Berjerawat

Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit. Kulit bisa gampang berjerawat saat kamu mengonsumsi gula berlebihan. Apalagi kalau kamu termasuk yang sensitif terhadap kenaikan insulin yang didapatkan dari mengonsumsi gula, perubahan hormon bisa memicu jerawatn.

 

 

3. Selalu Ingin Makan yang Manis

Ini bisa menjadi semacam lingkaran setan. Makin sering makan makanan manis, makin tinggi keinginan untuk lebih banyak mengonsumsinya. Ada semacam ketagihan yang terjadi di sini. Tubuh yang terbiasa mengonsumsi makanan yang banyak gulanya akan terus mendambakan rasa dan pengalaman lonjakan energi dari gula yang dikonsumsi.

 

 

4. Suasana Hati Berubah-ubah

Saat mengonsumsi makanan bergula, tubuh mengalami lonjakan energi tinggi. Lalu, saat energi itu merosot tajam, tubuh jadi terasa lemas. Hal ini bisa menyebabkan suasana hati yang berubah-ubah. Bisa jadi gampang marah atau sensitif saat kebutuhan gula tak terpenuhi seperti biasanya.

 

 

5. Berat Badan Naik

Makanan yang terlalu manis bisa memicu peningkatan kadar insulin. Kelebihan insulin ini biasanya akan disimpan dalam lemak perut. Akibatnya, berat badan tubuh bisa ikut naik. Jadi, waspadai kalau berat badan tubuh naik bisa jadi karena konsumsi gula sudah berlebihan.

Itu tadi lima tanda umum yang biasanya muncul saat kelebihan mengonsumsi gula. Semoga bisa jadi tambahan informasi yang bermanfaat untukmu, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading