Sukses

Health

5 Rutinitas Malam agar Bisa Tidur Cepat dan Nyenyak

Fimela.com, Jakarta Kualitas tidur mempengaruhi kualitas hidup kita secara keseluruhan. Kalau kurang tidur, menjalani aktivitas jadi kurang semangat. Daya konsentrasi pun bisa menurun jika malam sebelumnya tidak mendapat tidur yang cukup.

Bagi kamu yang sering kesulitan tidur cepat dan nyenyak pada malam hari, saatnya untuk mencoba rutinitas berikut ini. Ada sejumlah tips sederhana yang bisa dicoba sebagai bagian dari ritual malam sebelum tidur. Selengkapnya, simak uraiannya berikut ini.

 

 

1. Memasang Alarm

Ini rutinitas yang sebenernya simpel, tetapi bisa berdampak besar pada kualitas tidur. Pasang alarm atau notifikasi di ponsel untuk bangun pukul berapa keesokan harinya. Dengan memasang alarm ini, kita bisa langsung tergerak untuk segera mempersiapkan diri tidur supaya bisa bangun sesuai dengan bunyi alarm.

 

 

2. Mendengarkan Musik

Mengutip laporan "Music improves sleep quality in students" yang dilansir dari laman Pub Med, musik dapat mengurangi aktivitas sistem saraf simpatik, mengurangi kecemasan, menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan pernapasan, serta bisa berdampak positif pada kualitas tidur melalui relaksasi otot dan membebaskan pikiran dari gangguan. Sebelum tidur, kamu bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk mendengarkan musik. Mendengarkan musik yang memberi efek tenang bisa membantumu mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

 

 

3. Padamkan Lampu

Matikan gawai dan padamkan lampu jelang tidur. Tidur dengan lampu padam akan membuat otak lebih rileks. Kesehatan kulit juga akan lebih terjaga kelembabannya saat kamu tidur dengan lampu padam. Selain itu, kesehatan mata orang yang tidur dengan lampu padam juga akan lebih baik jika dibandingkan dengan orang yang memilih tidur dengan keadaan lampu menyala. Memadamkan lampu di kamar tidur juga bisa memberi sinyal pada tubuh untuk segera beristirahat.

 

 

4. Menulis Jurnal

Menulis jurnal sangat baik untuk kesehatan mental. Stres bisa berkurang. Serta, membantu kita untuk bisa mengingat hal-hal baik sebelum tidur. Meluangkan waktu 10-15 menit sebelum tidur untuk menulis jurnal bisa bantu merilekskan pikiran, dan membuatmu lebih mudah tidur nyenyak setelahnya.

 

 

5. Minum Minuman Hangat

Hindari mengonsumsi makanan berat atau minuman berkafein jelang waktu tidur. Sebagai gantinya, bisa coba minum minuman hagat seperti teh kamomil atau susu hangat sebelum tidur. Minum minuman yang mengandung kunyit juga bagus sebelum tidur karena kunyit bisa bantu cegah depresi dan inflamasi.

Itu tadi lima hal yang bisa dipilih atau mulai diterapkan untuk dijadikan rutinitas malam demi bisa tidur cepat dan nyenyak. Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading