Sukses

Health

Alasan Kenapa Berat Badan Rentan Naik Saat Lebaran

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang menyadari berat badannya naik drastis selama lebaran. Mengenai kenaikan berat badan ini, sebaiknya ini diperhatikan dengan lebih baik lagi. Kenaikan berat badan tak hanya membuat penampilan kurang menarik, ini juga rentan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Kenaikan berat badan selama lebaran tak hanya terjadi karena konsumsi makanan saja. Ini juga disebabkan kurangnya gerak atau aktivitas fisik, kurang olahraga dan kecukupan istirahat yang kurang. Mengutip dari laman liputan6.com, kenaikan berat badan selama lebaran juga erat kaitannya dengan beberapa hal. Hal tersebut antara lain sebagai berikut:

Konsumsi Makanan Tinggi Kalori

Penyebab pertama kenaikan berat badan selama lebaran adalah konsumsi makanan tinggi kalori secara berlebihan. Opor ayam, gulai daging, rendang, balado telur, balado ikan dan aneka masakan lain. Kebutuhan kalori setiap orang rata-rata 2000 kkal perharinya. Jumlah kalori ini sudah bisa didapat dari satu porsi rendang atau opor ayam dengan nasinya. 

Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak juga rentan bikin berat badan naik selama lebaran. Makanan yang berkalori tinggi, biasanya juga mengandung tinggi lemak.

Makanan Asin dan Manis

Sajian lebaran umumnya memiliki cita rasa yang terlalu asin, gurih dan manis. Aneka makanan ini jika dikonsumsi tanpa kontrol yang baik, ini bisa menyebabkan berat badan naik secara drastis. Ini juga bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti hipertensi dan diabetes. 

Kurangnya Asupan Serat

Karena banyak orang yang menyajikan makanan berupa daging dan ikan, beberapa lupa jika asupan serat sangatlah penting. Kurangnya asupan serat juga rentan bikin kenaikan berat badan secara drastis. 

Kurang Istirahat dan Kurang Gerak

Kenaikan berat badan selama lebaran juga identik dengan pola hidup tidak sehat di mana seseorang kurang istirahat juga kurang gerak. Bagaimana pun sibuknya aktivitasmu, usahakan untuk memiliki istirahat cukup. Usahakan untuk menyempatkan diri olahraga ringan secara rutin misalnya jalan kaki atau lari pagi. 

Itulah sekian hal yang rentan bikin berat badan naik drastis selama lebaran. Stres juga sangat rentan bikin naiknya berat badan. Selain menerapkan pola hidup yang lebih sehat, pastikan untuk mengelola stres dengan lebih baik pula. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading