Sukses

Health

5 Penyebab Berat Badan Tak Kunjung Turun Meski Sudah Olahraga Cukup

Fimela.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang mengeluh mengenai kenaikan berat badannya. Apalagi, di momen selepas lebaran seperti sekarang ini. Banyak orang yang tidak menyadari, bahwa garis timbangannya telah bergesar ke arah kanan atau bertambah banyak. Bagi beberapa orang, menaikkan berat badan sangatlah mudah. Sayangnya, untuk menurunkannya adalah perkara yang sangat sulit dilakukan. 

Meski telah melakukan olahraga rutin bahkan berat, beberapa orang menemukan berat badannya tak kunjung turun. Kira-kira, kenapa hal ini terjadi? Bukankah olahraga sebagai salah satu tips jitu agar berat badan turun atau setidaknya berada di angka ideal? 

Memgutip dari laman health.com, ada beberapa kemungkinan atau penyebab kenapa berat badan tak kunjung turun meski telah olahraga cukup. Adapun beberapa penyebab tersebut antara lain sebagai berikut:

Pemilihan Makanan yang Kurang Tepat

Apa saja yang kamu makan selama ini? Olahraga rutin harus diimbangi dengan pemilihan makanan yang tepat. Terutama jika kamu ingin menurunkan berat badan. 

Makanan yang berlemak, berkalori tinggi dan jumlahnya banyak, ketika masuk ke tubuh, ini tak akan menurunkan berat badanmu. Sebaliknya, ini justru akan menaikkan berat badanmu. Hindari aneka makanan yang mengandung tinggi kalori jika ingin berat badan turun dan olahraga yang dilakukan berhasil.

Kurang Istirahat

Meski kamu sudah olahraga rutin, jika kamu tak memiliki istirahat cukup, ini hanya akan menggagalkan program dietmu. Olahraga rutin juga harus diimbangi dengan istirahat cukup setiap harinya. Stres dan kurang tidur selama melakukan diet, bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh. Jangan harap berat badan turun jika waktu istirahatmu berantakan.

Berlebihan Saat Berolahraga

Olahraga memang bisa bantu menurunkan berat badan. Tapi, jika hal ini dilakukan secara berlebihan, ini justru mengganggu kesehatan. Ini bisa menggagalkan rencanamu untuk menurunkan berat badan.

Tidak Sabar

Sikap tidak sabar untuk memiliki berat badan ideal, membuatmu justru semakin kesulitan menurunkan berat badan. Karena sikap tidak sabar, kamu rentan stres dan terlalu overthinking. Inilah yang mengganggu metabolisme dalam tubuh. Sikap ini juga rentan membuatmu memiliki pola hidup yang kurang tepat. Jika hal ini terus menerus terjadi, yang ada berat badan tidak kunjung turun tapi justru semakin naik.

Melewatkan Sarapan

Apa kamu kerap melewatkan sarapan dengan harapan berat badan bakal turun? Jika iya, stop kebiasaan ini. Melewatkan sarapan hanya akan membuat kinerja tubuh tidak stabil. Akibatnya, berat badan tak lantas turun tapi justru akan naik. Apalagi, jika di siang dan malam hari kamu konsumsi makanan secara berlebihan. 

Itulah sekian penyebab berat badan tak kunjung turun meski sudah olahraga cukup. Semoga informasi ini bermanfaat dan yuk, perbaiki lagi pola hidup sehari-hari, demi tetap stabilnya berat badan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading