Sukses

Health

Wapada! Ini yang Terjadi Karena Malas Periksa Kesehatan Gigi

Fimela.com, Jakarta Sebaiknya, periksa kesehatan gigi dilakukan setiap enam bulan sekali. Periksa kesehatan gigi akan membantumu mencegah beragam masalah gigi. 

Meski periksa gigi rutin adalah hal yang wajib dilakukan, nampaknya masih banyak orang mengabaikan aktivitas ini. Tidak sedikit orang yang fobia untuk pergi ke dokter gigi dan memeriksakan kesehatan giginya. Bahkan, ketika gigi tersebut mulai tumbuh plak dan mengalami masalah sekalipun. 

Kalau kamu, kapan nih terakhir kali periksa kesehatan gigi secara rutin? Sesibuk apapun aktivitasmu, pastikan untuk rutin periksa kesehatan dan kebersihan gigi ya. Malas memeriksakan kesehatan gigi, akan berdampak buruk buat kesehatan gigi bahkan kesehatan organ tubuh lainnya.

Bahaya Malas Periksa Kesehatan Gigi

Mengutip dari laman bestlifeonline.com, ada beragam masalah yang mungkin terjadi akibat malas untuk periksa kesehatan gigi. Jika dalam waktu enam bulan gigi tidak diperiksakan, ini memungkinkan tumbuhnya plak dan menumpuknya karang gigi. Ini juga berpotensi besar meningkatkan risiko munculnya lubang di lapisan gigi. Jika dalam waktu enam bulan saja bisa berpengaruh buruk, bayangkan jika kamu tak periksa gigi lebih dari satu tahun.

Ketika kamu tidak memeriksakan kesehatan gigi lebih dari lima tahun, ini akan meningkatkan risiko masalah gigi yang lebih parah. Studi menemukan jika gigi rentan berlubang, menumpuknya karang gigi, bau mulut tak sedap bahkan munculnya tumor jinak di area mulut. Beberapa ahli juga menemukan jika gigi yang tak pernah diperiksakan lebih dari 10 tahun, ini memungkinkan merubah struktur gigi. Ini juga akan meningkatkan risiko gigi jadi lebih sensitif, mudah terkikis dan rapuh.

Tips Menjaga Kesehatan Gigi

Menjaga kesehatan gigi salah satu caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin setidaknya setiap enam bulan sekali. Selain itu, ini juga harus didukung dengan pola makan yang sehat. Hindari konsumsi makanan serta minuman yang terlalu panas atau dingin dan terlalu manis. Sikat gigi minimal dua kali sehari setiap pagi dan sebelum tidur. 

Pastikan untuk mengonsumsi aneka makanan dan minuman yang bisa memperkuat gigi. Untuk kesehatan gigi anak-anak, biasakan mereka menjaga kesehatan giginya sejak usia sedini mungkin. Ajari anak untuk terbiasa sikat gigi dua kali sehari juga memeriksakan kesehatan gigi ke dokter secara rutin. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading