Sukses

Health

Mengenal 6 Manfaat Kelapa untuk Kesahatan

Fimela.com, Jakarta Banyak yang tidak menyadari bahwa mengonsumsi kelapa bisa memberikan manfaat baik kepada kesehatan. Biasanya kelapa dikonsumsi sebagai minuman dingin, sifatnya yang menyegarkan dan rasanya yang manis bisa mengatasi dahaga di siang hari. Terlihat ketika sedang makan di restoran atau rumah makan, tidak sedikit pengunjung yang memesan es kelapa muda sebagai minuman pendamping. Dalam kuliner, daging kelapanya juga biasa dipakai sebagai bahan makanan dalam bentuk santan. Namun, setiap olahan kelapa tidak semuanya bisa menyehatkan tubuh. Lantas apa yang membuat buah kelapa sehat?

Ketika membahas buah kelapa, satu hal yang langsung terpikirkan di otak adalah es kelapa, bukan? Kelapa memiliki air dan daging di dalam lapisan kulitnya yang keras dan tebal. Walaupun tidak semua orang bisa membukanya, kelapa siap santap sudah banyak dijual di jalanan sekitar tempat tinggalmu. Ternyata, baik air maupun dagingnya banyak memiliki khasiat baik untuk kesehatan. Mereka dipercaya mampu menangkal beberapa racun, melindungi dari penyakit, mengatasi peradangan, dan melawan bakteri.

Disebut dengan buah ajaib, kelapa banyak mengandung nutrisi penting untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari Healthline, kelapa rendah karbohidrat, ini bisa menjadi alternatif camilnan yang sehat. Tak hanya itu, nutrisi penting lainnya, seperti kalium, natrium, mangan, vitamin B, tembaga, dan besi memberikan hasil positif untuk kesehatan tulang dan menjaga kesehatan sel darah merah. Air kelapa bisa menjadi sumber energi instan. Ini dapat menyegarkan langsung jika diminum di hari yang sangat panas. Khasiat lebih lengkapnya simak dibawah ini. 

Melawan beberapa bakteri

Daging kelapa bisa diolah untuk menghasilkan minyak, ini disebut minyak kelapa. Banyak penelitian menemukan bahwa minyak kelapa mampu untuk menghambat pertumbuhan strain bakteri tertentu. Salah satu bukti minyak kelapa bisa melawan bakteri adalah berkumur dengan minyak kelapa setelah menyikat gigi sama efeknya dengan chlorhexidine, sejenis disinfektan umum  dalam mengurangi pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans.

Menjaga kadar gula darah

Tidak hanya rendah karbohidrat saja, kelapa juga tinggi serat dan lemak, ini berfungsi untuk menjaga kadar gula darah. Sifat anti-inflamasi dan antioksidan pada minyak kelapa mampu untuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu, kandungan serat pada daging kelapa juga memperlambat pencernaan dan meningkatkan resistensi insulin. Ini yang menjadikan buah kelapa mampu mengontrol gula darah. 

Baik untuk jantung

Penyakit jantung identik dengan kolesterol tinggi, disebabkan kandungan kolesterol jahat LDL yang tinggi. Baik daging maupun minyak kelapa memiliki kadar kolesterol baik HDL yang tinggi, ini bisa memberikan manfaat bagi jantung. Tak hanya itu, daging kelapa bisa memberikan energi instan dan membantu proses penurunan lemak pada orang gemuk, terutama penderita diabetes.

Mendukung penurunan berat badan

Meskipun kelapa memiliki kandungan lemak yang cenderung tinggi, daging kelapa dan air kelapa bisa menjadi penunda kelaparan karena kalori nya yang rendah. Trigliserida yang ada dalam kelapa diketahui dapat membakar lemak tubuh lebih cepat dan menekan nafsu makan. Namun, bukan berarti kelapa adalah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Mereka hanya menjadi alternatif makanan yang lebih sehat. Perlu diperhatikan pula, kelapa yang baik adalah tanpa dicampur dengan tambahan gula apapun.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Jika kamu memiliki jenis kulit dan rambut kering, cobalah manfaatkan kelapa untuk mengatasinya. Kandungan lemak pada kelapa bisa memberikan kulit hidrasi dan menjaga kekenyalan kulit, sehingga bisa menunda tanda-tanda penuaan datang lebih awal. Terkait dengan jerawat, kelapa dengan sifatnya yang antibakteri dan antioksidan mampu melawan bakteri-bakteri bibit dari jerawat dan mengurangi kerusakan sel. Penggunaan kelapa bisa digunakan dalam bentuk minyak kelapa maupun masker wajah dan rambut. 

Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Dikutip dari Mayo Clinic, air kelapa muda merupakan salah satu sumber elektrolit tertinggi. Elektrolit ini yang berperan dalam memberikan hidrasi untuk tubuh, sehingga saraf dan otot bisa berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, air kelapa murni menjadi minuman populer usai berolahraga dan lebih sehat dibandingkan minuman pasca olahraga lainnya. Kalori dan gulanya yang rendah juga tepat menjadi minuman lezat untuk mengatasi kehausan saat siang hari. Jika ingin mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, lebih baik mengonsumsi air kelapa murni tanpa ditambahkan dengan gula.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading