Sukses

Food

8 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Air kelapa merupakan cairan yang terdapat dalam buah kelapa dan seringkali dianggap sebagai minuman yang menyegarkan. Namun, tahukah kamu bahwa air kelapa memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Seperti yang kita ketahui, air kelapa mengandung elektrolit, mineral, vitamin, asam amino, dan enzim yang dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Selain menjaga keseimbangan cairan, ternyata air kelapa juga memiliki manfaat yang jarang diketahui oleh orang banyak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui oleh orang banyak.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dilansir dari Healthline, air kelapa mengandung zat besi, asam laurat, dan asam kaprilat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asam laurat dan kaprilat merupakan senyawa anti-virus dan anti-bakteri alami yang membantu melawan penyakit dan infeksi.

2. Mengatur Tekanan Darah

Air kelapa kaya akan kalium yang membantu mengatur tekanan darah. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu mencegah penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Air kelapa kaya akan elektrolit, seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang membantu memperkuat otot jantung dan memperbaiki sirkulasi darah. Selain itu, air kelapa juga mengandung asam laurat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

4. Menjaga Keseimbangan Elektrolit dalam Tubuh

Dilansir dari Verywell Fit, air kelapa mengandung sumber alami elektrolit, seperti natrium, kalium, magnesium, dan kalsium yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan fungsi organ tubuh yang tepat.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Air kelapa mengandung tinggi mineral, seperti selenium, zinc, dan magnesium yang sangat baik untuk kulit. Mineral dalam air kelapa juga efektif membantu menjaga kulit tetap sehat, mencegah jerawat, dan memperbaiki kondisi kulit yang rusak.

6. Mengurangi Dehidrasi

Air kelapa merupakan minuman alami yang mengandung elektrolit yang dapat membantu menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang selama aktivitas fisik. Selain itu, air kelapa juga mengandung glukosa dan fruktosa dalam jumlah kecil, yang dapat membantu tubuh untuk menyerap cairan lebih efisien. Kandungan tersebut menjadikan air kelapa sebagai minuman yang dapat membantu mengurangi dehidrasi pada tubuh.

Air kelapa efektif meningkatkan produksi ASI

7. Meningkatkan Produksi ASI

Air kelapa mengandung banyak nutrisi penting, seperti zat besi, magnesium, dan kalsium yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Air kelapa juga dipercaya mengatasi ASI seret atau sedikit.

8. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Melansir dari Medical News Today, air kelapa mengandung serat dan enzim yang membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko sembelit. Selain itu, air kelapa juga mengandung kalium yang dapat mengurangi risiko radang usus atau kolitis.

Air kelapa memang memiliki banyak manfaat yang tidak banyak diketahui oleh orang. Akan tetapi, perlu diingat bahwa meskipun air kelapa memiliki banyak manfaat, konsumsi yang berlebihan juga dapat memberikan efek samping seperti diare dan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, seperti halnya dengan konsumsi makanan dan minuman lainnya, konsumsi air kelapa juga sebaiknya dilakukan dengan porsi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading