Sukses

Health

Manfaat Air Kelapa untuk Wajah dan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Air kelapa dikenal sebagai minuman segar yang berasal dari buah kelapa. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, air kelapa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan baik jika dikonsumsi secara langsung maupun diaplikasikan pada wajah.

Dilansir dari Medical News Today, air kelapa adalah cairan yang jernih dan segar yang terdapat di dalam buah kelapa serta kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Air kelapa mengandung karbohidrat, elektrolit, vitamin, mineral, antioksidan, dan rendah kalori. Tak hanya kaya akan nutrisi, air kelapa juga yang dapat memberikan kesehatan pada kulit wajah.

Berikut ini manfaat air kelapa untuk kulit wajah yang wajib kamu ketahui!

1. Menyegarkan dan melembapkan kulit

Dilansir dari Healthline, air kelapa mengandung banyak elektrolit dan nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin B, magnesium, kalsium, dan kalium, yang membantu melembapkan kulit dan menjaganya tetap segar. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu mengurangi produksi minyak pada wajah.

2. Membantu mengatasi jerawat dan memudarkan bekas jerawat

Air kelapa memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi, yang membantu mengurangi inflamasi pada kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan vitamin C pada air kelapa juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat pada wajah.

3. Menyamarkan garis halus dan kerutan

Air kelapa mengandung asam laurat yakni sebuah asam lemak yang dapat membantu mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah. Asam laurat juga dikenal dapat membantu meremajakan kulit dan meningkatkan elastisitas pada kulit.

4. Meredakan kulit kemerahan dan iritasi

Air kelapa dapat membantu meredakan kulit kemerahan dan iritasi pada wajah. Kandungan asam laurat dan asam kaprilat pada air kelapa memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi inflamasi dan meredakan kemerahan pada kulit.

5. Menjaga keseimbangan pH kulit

Kulit yang sehat adalah memiliki pH yang seimbang, yaitu antara 4,5 hingga 5,5. Air kelapa memiliki pH yang sama dengan kulit manusia, sehingga dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit dan mencegah kulit menjadi terlalu asam atau terlalu basa.

Tak hanya baik untuk kesehatan kulit wajah, air kelapa juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Berikut ini khasiat air kelapa untuk tubuh.

Manfaat air kelapa untuk tubuh

1. Menjaga keseimbangan elektrolit

Dilansir dari Nutrition and Metabolism, air kelapa mengandung banyak elektrolit penting, seperti natrium, kalium, kalsium, dan magnesium, yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Elektrolit sangat penting bagi fungsi sel dan organ tubuh, termasuk otot, jantung, dan otak.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa mengandung banyak nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin B, dan asam laurat, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Menjaga Kesehatan Jantung Air kelapa mengandung kolesterol atau lemak sehat sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kandungan kalium pada air kelapa juga dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat.

3. Membantu menjaga kesehatan ginjal

Air kelapa merupakan diuretik alami yang membantu meningkatkan produksi urine dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan ginjal dan mencegah terbentuknya batu ginjal.

Demikian manfaar air kelapa yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan wajah. Akan tetapi, mengonsumsi air kelapa juga harus dalam jumlah secukupnya. Sama seperti halnya makanan dan minuman lain, air kelapa juga mengandung gula yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. 

 

*Penulis: Amelia Septika.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading