Sukses

Health

3 Rutinitas Sebelum Tidur yang Baik untuk Kesehatan Usus

Fimela.com, Jakarta Kegiatan yang dilakukan sebelum tidur dikenal bermanfaat untuk gaya hidup lebih baik, seperti tidak menggunakan ponsel, minum teh, atau meditasi. Aktivitas ini bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Namun, ada rutinitas lain untuk menjaga kesehatan tubuh secara spesifik seperti usus.

Melansir dari Well+Good ssus sehat secara tidak langsung berdampak pada tidur berkualitas dan mengurangi insomnia. Bangun ditengah malam karena ingin buang air kecil atau perut tiba-tiba lapar akan mengganggu waktu tidur. Hal ini merupakan efek dari pencernaan yang tidak beristirahat total saat kamu tertidur. Untuk menjaga kualitas tidur sekaligus kesehatan usus, terdapat beberapa rutinitas yang wajib dilakukan. Simak penjelasan berikut ini.

1. Mengonsumsi Jahe untuk Menenangkan Perut

Setelah seharian mengonsumsi makanan yang sulit dicerna, teh jahe atau peppermint adalah pilihan tepat untuk membuat perut nyaman. Anti spasmodik pada jahe dan peppermint berfungsi menenangkan otot perut dan meningkatkan produksi empedu yang mempermudah usus untuk mencerna makanan. Kondisi seperti sering merasa lapar, perut kram, atau berkali-kali ke toilet ditengah waktu tidur adalah tanda yang tidak bisa disepelekan. Hal ini adalah sinyal bahwa usus sedang bermasalah. Rutinlah mengonsumsi minuman hangat seperti jahe sebelum tidur untuk mengatasi masalah pencernaan.

2. Peregangan Ringan atau Jalan Kaki

Peregangan ringan, yoga, atau jalan kaki mampu meningkatkan sistem pencernaan. Apalagi bila dilakukan setelah makan malam, usus akan lebih mudah mencerna makanan dan melancarkan buang air besar. Dengan begitu, perut tidak akan terasa begah saat tidur.

3. Relaksasi Otak

Banyak orang tidur dalam keadaan stres yang pada akhirnya berpengaruh pada mood saat bangun tidur. Semua organ pada tubuh saling berhubungan. Maka dari itu tidur dalam kondisi stres atau tertekan akan membuat pencernaan memburuk juga. Sisihkanlah 5-10 menit untuk meditasi atau menenangkan diri sebelum tidur. Kamu bisa lakukan aktivitas santai atau melakukan hobi. Tubuh rileks tidak hanya berpengaruh pada kesejahteraan usus namun juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

Tubuh yang sehat diawali dengan rutinitas harian dan kebiasaan. Pastikan tubuh dalam kondisi rileks dan nyaman sebelum tidur agar saat bangun tubuh terasa fit dan segar.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading