Sukses

Health

Menjaga Kadar Gula Darah Menjadi Kunci Penting Menuju Kesehatan Optimal

Fimela.com, Jakarta Gula darah, atau glukosa, merupakan sumber utama energi bagi tubuh kita. Kadar gula darah yang seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Akan tetapi, apabila kadar gula darah terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius seperti diabetes.

Dilansir dari Healthline, tingginya kadar gula darah atau diabetes telah menjadi masalah kesehatan yang serius di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan diabetes dapat meningkatkan risiko berbagai komplikasi seperti penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, dan kerusakan saraf. Selain itu, kadar gula darah yang tidak terkontrol juga dapat menyebabkan masalah pada mata, kulit, dan sistem kekebalan tubuh kita.

Namun, tidak hanya orang dengan diabetes yang perlu menjaga kadar gula darah mereka. Mempertahankan kadar gula darah yang stabil penting bagi semua orang, termasuk mereka yang tidak memiliki riwayat diabetes. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil dengan menerapkan pola hidup yang sehat.

Pola hidup sehat menjadi kunci dalam menuju kesejahteraan hidup. Akan tetapi, memastikan kadar gula darah dalam tubuh tetap normal tentunya membutuhkan bantuan alat medis yang dapat memantau tekanan darah.

Dalam hal ini, sejalan dengan perkembangan teknologi, Omron Healthcare sebagai instansi yang siaga melayani masyarakat Indonesia dalam upaya meningkatkan kesehatan yang lebih baik, menghadirkan perangkat pemantauan tekanan darah digital yang inovatif, terhubung dan terjangkau yang digunakan oleh orang-orang di seluruh Asia Pasifik untuk memantau tekanan darah mereka di rumah. Hal ini tentunya menjadi salah satu solusi sehat dimana masyarakat kini tidak perlu khawatir dalam memantau kadar gula darah dalam tubuh, sebab kehadiran alat medis dari Omron dapat dilakukan hanya dari rumah. 

 

Fitur yang tersedia di alat pemantau tekanan darah digital Omron

“Pemantauan tekanan darah digital di rumah adalah sesuatu yang membuat perubahan besar dalam perang melawan stroke. Disamping itu, perangkat kami juga memiliki fitur canggih yang terhubung, akurat, dan ramah pengguna, sehingga memudahkan orang memantau tekanan darah mereka secara teratur, serta mudah memberikan informasi bagi tenaga medis dengan bantuan aplikasi OMRON connect. Solusi ini memungkinkan pengguna mengambil keputusan lebih efektif dan tepat waktu, memberikan manajemen kesehatan yang lebih baik berlanjut pada berkurangnya kejadian kesehatan yang tidak diharapkan." ucap Frans Velkers, selaku Managing Director, OMRON Healthcare Singapore seperti tertulis dilansir dari Omronhealthcare-ap.com.

Perangkat pemantauan tekanan darah digital yang inovatif dari Omron ini memiliki berbagai fitur yang memudahkan pengguna menjaga kadar gula darah seperti  Bluetooth yang dapat terhubung dengan aplikasi OMRON connect, serta program Health Gift OMRON dalam aplikasi tersebut. Fitur ini memudahkan pengguna menganalisa hasil pengukuran sebelum maupun sesudah periode registrasi yang biasanya dilakukan 3 bulan sebelum, serta bulan pertama, ketiga, keenam dan kedua belas dimana pengguna dapat mengontrol tekanan darah mereka secara bertahap.

Disamping itu, kadar gula yang tinggi juga dikhawatirkan dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti stroke atau serangan jantung. Oleh karena itu, Omron menghimbau masyarakat untuk memakai perangkat pemantau tekanan darah digital dari Omron agar bisa mengambil langkah yang tepat dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

 

 

Pentingnya melakukan pemantauan tekanan darah dari rumah

“Saya percaya bahwa pemantauan tekanan darah di rumah merupakan aspek penting untuk mengendalikan hipertensi dan mengelola komorbiditas seperti stroke, serangan jantung dan demensia. Pemantauan secara teratur, dibantu perangkat digital yang akurat memungkinkan deteksi dini potensi masalah kesehatan dan memberdayakan pasien untuk mengendalikan kesehatan mereka sendiri dengan membuat keputusan berdasarkan informasi di bawah panduan dokter. Sangat penting untuk memasukkan pemantauan dalam rutinitas sehari-hari demi mencapai kesehatan optimal dan mencegah potensi komplikasi dalam jangka panjang,” ujar Valery Feigin, selaku Professor of Neurology & Epidemiology dan Director NISAN (National Institute for Stroke and Applied Neuroscience).

Mempertimbangkan sifat asimptomatik hipertensi dan beban penyakit yang signifikan, maka sangat penting untuk mengukur tekanan darah secara teratur. Pemantauan tekanan darah di rumah (Homeblood pressure monitoring/HBPM) diakui sebagai alat penting untuk memantau tekanan darah da nmemfasilitasi deteksi hipertensi secara efektif. Dikombinasikan dengan pemberian obat yang tepat, pemantauan rutin ini bisa berperan besar dalam mencegah stroke, serangan jantung, dan demensia. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi situs https://www.omronhealthcare-ap.com/sg.

 

*Penulis: Amelia Septika

What's On Fimela
Loading