Sukses

Health

6 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tidak suka es kelapa muda? Air kelapa yang ditambahkan dengan es dan gula, semakin membuatnya terasa menyegarkan. Air kelapa adalah salah satu minuman yang menjadi suatu keharusan ketika sedang makan di restoran ataupun di rumah makan. Rasanya yang manis bisa mengatasi rasa dahaga berlebih di tenggorokan. Ternyata, air kelapa selain memiliki rasa yang enak dan segar, juga menyehatkan tubuh dan kulit wajah. 

Berbagai nutrisi dan mineral penting berkumpul di dalam air kelapa. Air kelapa bisa dimasukkan kedalam diet kamu karena mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi sekaligus kalori nya yang rendah tidak akan membuatmu bertambah berat badan. Tak hanya itu, air kelapa juga minim akan lemak sehingga mampu mengurangi kolesterol tinggi. Simak beberapa manfaat air kelapa lainnya dibawah ini.

1. Melawan radikal bebas 

Air kelapa murni terutama kelapa yang masih hijau tanpa tambahan pemanis buatan memiliki sumber nutrisi yang baik yang menyehatkan tubuh. Dikutip dari Healthline, air kelapa mengandung 94% air dan lemak yang sangat sedikit. Ketika terlalu banyak radikal bebas yang masuk, ini akan merusak jaringan sel dan meningkatkan risiko penyakit. Antioksidan pada air kelapa disini dengan cepat membantu menangkal radikal bebas tersebut agar tidak langsung memengaruhi tubuh.

2. Dapat membantu menurunkan gula darah bagi penderita diabetes

Selain membantu melawan radikal bebas, air kelapa juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah bagi para penderita diabetes serta menjaganya agar tetap stabil. Seseorang yang mengidap penyakit diabetes tipe 2 cenderung memiliki magnesium yang rendah, air kelapa adalah sumber magnesium baik yang mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Magnesium juga mampu untuk menambah performa serta tenaga ketika olahraga. 

3. Mengurangi risiko batu ginjal

Minum air yang cukup adalah kunci untuk mencegah penyakit batu ginjal. Batu ginjal adalah kondisi penyakit dimana muncul objek padat yang terbentuk dari mineral dan garam, yang menyerupai seperti batu. Penelitian mengatakan bahwa kandungan potasium, klorida, dan sitrat pada air kelapa mampu untuk mencegah terjadinya batu ginjal dengan menunda pembentukan kristal dan batu. Namun, perlu diingat juga bahwa penyakit ini tidak bisa hilang hanya dengan mengonsumsi air kelapa saja, perlu ditangani oleh pihak medis untuk perawatan selanjutnya. 

 

 

4. Pilihan sumber hidrasi yang menyegarkan

Air putih memang satu-satunya cairan yang paling sehat untuk menghidrasi tubuh. Namun, air kelapa juga bisa menjadi opsi yang tepat jika sedang haus dan ingin minum minuman yang segar. Dikutip dari Medical News Todays, satu cangkir kelapa mengandung sekitar 45 kalori. Selain itu, air kelapa memiliki rasa manis alami dan minim akan lemak, ini yang menjadikan alasan mengapa air kelapa menjadi pengganti air putih yang baik dibandingkan beberapa minuman manis lainnya yang cenderung tinggi akan kalori, gula, dan karbohidrat. 

5. Menghasilkan kulit yang sehat

Selain bisa meningkatkan sistem kebebalan tubuh, air kelapa ternyata juga membuat kulit terlihat sehat. Permasalahan wajah kulit yang kerap banyak dirasakan oleh perempuan adalah kulit kering, kusam, dan muncul kerutan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor berbeda, bisa karena iklim, usia, lingkungan, kondisi sejak lahir, ataupun penyakit tertentu. Elektrolit dan mineral pada air kelapa berfungsi untuk memberikan hidrasi dan memperbaiki kelembapan kulit. Maka dari itu, dengan meminum air kelapa bisa membantu mengatasi beberapa permasalahan tersebut dari dalam. Sifat antioksidan pada air kelapa juga secara alami merangsang produksi kolagen, ini dapat membantu mengencangkan kulit agar tetap tampak awet muda.

6. Menambah elektrolit setelah berolahraga

Meminum segelas air kelapa dingin ketika sedang merasa dehidrasi di tengah teriknya panas matahari adalah keputusan yang tepat. Saat berolahraga, tubuh cenderung akan kekurangan cairan dan tenaga serasa sangat terkuras. Rasa air kelapa yang manis menjadi minuman yang sempurna untuk mengembalikan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga. Elektrolit sendiri adalah mineral yang berguna untuk menyeimbangkan cairan yang masuk dalam tubuh. Maka dari itu, ini yang menjadikan mengapa air kelapa cocok untuk menjadi minuman pasca olahraga.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading