Sukses

Health

5 Tanda Kamu Menjalani Diet yang Salah

Fimela.com, Jakarta Diet merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam menurunkan berat badan. Namun, apabila melakukan diet dengan cara yang salah, dapat berdampak negatif pada kesehatan, lho.

Dilansir dari Healthline, diet yang sehat adalah pola makan yang berkelanjutan dan dapat dijalani dalam jangka panjang. Tujuan utama dari diet yang sehat adalah untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, mendukung fungsi tubuh yang optimal, dan mencegah penyakit yang berasal dari kebiasaan pola makan yang buruk.

Disamping itu, diet sehat juga efektif menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan selama diet kita hanya mengonsumsi makanan dalam jumlah kalori yang lebih sedikit dari biasanya, sehingga tubuh akan mulai membakar lemak sebagai sumber energi, yang pada akhirnya akan mengarah pada penurunan berat badan.

Meskipun diet menjadi salah satu cara yang efektif dalam menurunkan berat badan, namun beberapa orang tanpa sadar menjalani diet yang salah bahkan mengalami beberapa gangguan kesehatan. Berikut ini adalah tanda-tanda menjalani diet yang salah yang perlu kamu ketahui dan hindari.

1. Rasa lapar yang berlebihan

Salah satu tanda diet yang salah adalah merasakan rasa lapar yang berlebihan. Diet yang sehat seharusnya tidak membuat kamu merasa kelaparan secara konstan. Jadi, apabila kamu selalu merasa lapar meskipun sudah makan, itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh kamu tidak mendapatkan nutrisi yang cukup.

Diet yang salah dapat membuat tubuh gampang lelah

2. Kelelahan dan kurang energi

Dilansir dari Mayo Clinic, diet yang salah dapat menyebabkan kekurangan energi dan kelelahan yang berlebihan. Apabila kamu sering merasa lelah dan tidak bertenaga meskipun sudah cukup tidur, itu bisa jadi karena kamu tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari diet yang kamu lakukan. Diet yang sehat seharusnya memberi kamu energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

3. Perubahan suasana hati dan emosi yang tidak stabil

Pernahkah kamu mengalami perubahan suasana hati yang drastis, seperti mudah marah, cemas, atau sedih? Itu bisa jadi tanda bahwa kamu menjalani diet yang salah. Kurangnya asupan nutrisi penting sepertii vitamin B12, asam lemak omega-3, dan zat besi dapat mempengaruhi kesehatan mental dan emosional. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi lengkap dalam diet sehat.

4. Gangguan pencernaan

Perubahan drastis dalam pola makan dan komposisi nutrisi dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, atau gangguan lainnya. Jika kamu mengalami masalah pencernaan yang berkepanjangan saat menjalani diet tertentu, ini bisa menjadi tanda bahwa diet tersebut tidak sesuai untuk kamu.

Sering mengalami keterlambatan menstruasi? Bisa jadi diet yang kamu lakukan tidak sehat

5. Gangguan siklus menstruasi pada wanita

Tahukah kamu bahwa diet yang tidak sehat juga dapat mengganggu siklus menstruasi, lho. Hal ini disebabkan karena kekurangan nutrisi seperti lemah sehat dan kalori yang dapat mengganggu produksi hormon reproduksi yang penting, seperti estrogen dan progesteron, yang berperan dalam mengatur siklus menstruasi.

Untuk menjaga keseimbangan antara diet sehat dengan siklus menstruasi, maka kamu perlu menjaga asupan makan yang seimbang dan memastikan asupan nutrisi cukup. Hal ini bisa kamu terapkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, lemak sehat, karbohidrat kompleks, serat, serta vitamin dan mineral secara rutin. Selain itu, hindari juga melakukan diet ekstrem yang dapat menggangu keseimbangan hormon tubuh.

Pentingnya menjalani diet yang sehat dan seimbang tidak hanya untuk mencapai berat badan yang ideal, tetapi juga untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Jika kamu mengalami tanda-tanda di atas, penting untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau profesional kesehatan untuk mendapatkan panduan yang tepat mengenai diet yang sehat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading