Sukses

Health

Posisi Tidur yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Kamu Sakit Pinggang

Fimela.com, Jakarta Sakit pinggang adalah salah satu permasalahan kesehatan yang cukup mengganggu aktivitas. Rasa sakit dan tidak nyaman dari sakit pinggang membuat aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Sakit pinggang bisa membuat posisi duduk saja sakit, apalagi untuk melakukan aktivitas yang lain.

Jangankan untuk beraktivitas, ketika mengalami sakit pinggang, tidur pun rasanya sulit sekali. Semua posisi seperti serba salah dan terasa tak nyaman. Sebenarnya ketika sakit pinggang, kamu memang perlu tidur dengan posisi khusus agar sakit pinggang yang kamu rasakan itu semakin parah.

Berikut posisi tidur yang sebaiknya kamu lakukan kalau kamu sakit pinggang.

1. Telentang dengan Bantal Mengganjal Lutut

Berbaring telentang di atas kasur dianggap sebagai posisi tidur terbaik saat sakit pinggang. Namun, jangan sembarang rebahan. Pastikan posisi tulang belakang tetap lurus sejajar dengan kepala, leher, dan kaki. Kamu bisa menyelipkan bantal kecil di bawah lutut untuk menopang berat tubuh secara merata. Dengan begitu, posisi tubuh benar-benar tegak lurus di atas kasur. Begini cara melakukannya:

  • Berbaringlah telentang menghadap langit-langit. Hindari memiringkan kepala ke kanan maupun kiri.
  • Gunakan bantal yang empuk dan nyaman untuk menunjang kepala dan leher.
  • Tempatkan bantal kecil di bawah lutut.
  • Agar mendapatkan topangan yang lebih baik, kamu bisa mengisi celah di punggung bawah dengan bantal tambahan

Posisi ini membantu kamu menjaga lekukan alami tulang belakang sembari mengurangi tekanan berlebih di beberapa titik tertentu seperti kepala, leher, dan tulang belakang.

2. Telentang dan Bersandar

Tidur berbaring dengan menyelipkan beberapa bantal di punggung atas sangat aman bagi pinggang juga punggung. Kamu bisa menempatkan tangan di atas perut dan dada atau di samping tubuh saat tidur, tergantung kenyamanan.

Posisi tidur yang bersandar seperti ini memberi keuntungan pada penderita sakit pinggang akibat spondylolisthesis isthmic. Spondylolisthesis isthmic adalah nyeri kronis yang disebabkan oleh pergeseran salah satu ruas atas tulang belakang dari tempat semula.

Posisi ini membantu mengurangi tekanan berlebih di beberapa titik tertentu seperti kepala, leher, dan tulang belakang selama tidur saat sakit pinggang.

3. Tidur Menyamping dan Memeluk Guling

Tidur menyamping adalah salah satu posisi tidur favorit yang sayangnya dapat memperparah kondisi Anda saat sakit pinggang. Hal ini dikarenakan tidur menyamping dapat menekan pinggang yang bermasalah dan menggeser tulang belakang keluar dari posisi semulanya.

Namun kamu boleh saja tidur menyamping ketika pinggang masih sakit dengan menyelipkan bantal atau guling di antara kedua lutut. Bantal akan menjaga pinggul, panggul, dan tulang belakang Anda dalam posisi yang lebih baik. Begini cara yang benar melakukannya:

  • Cobalah berbaring di kasur dengan posisi miring ke kanan atau kiri.
  • Posisikan bantal yang empuk dan nyaman untuk menunjang kepala serta leher.
  • Tekuk lutut sedikit kemudian selipkan bantal atau guling di antara keduanya.

Agar mendapatkan topangan yang lebih baik, kamu bisa mengisi celah yang kosong antara pinggang dengan kasur menggunakan bantal.

4. Meringkuk

Posisi tidur yang meringkuk seperti bayi dalam kandungan bagus untuk penderita saat sakit pinggang disebabkan oleh saraf kejepit. Dengan posisi ini, tubuh membuka ruang untuk sendi-sendi di antara tulang belakang. Begini caranya memosisikan tubuh untuk tiduran meringkuk:

  • Berbaring miring ke kanan atau ke kiri.
  • Gunakan bantal yang empuk dan nyaman untuk menunjang kepala dan leher.
  • Tekuk lutut ke arah dada hingga punggung ada dalam posisi relatif lurus.
  • Ubah sisi kemiringan secara bergilir untuk menghindari ketidakseimbangan tekanan di satu sisi.

5. Tengkurap

Tidur dengan posisi telungkup di atas perut pada dasarnya kurang bagus karena akan memberikan tekanan berlebih pada pinggang dan punggung. Hal ini dapat semakin memperburuk rasa nyerinya.

Namun kamu bisa sesekali mencoba tidur tengkurap saat sakit pinggang dengan menyiasati posisi badan di atas kasur. Kuncinya adalah dengan menyelipkan bantal di perut untuk menjaga kesejajaran tulang belakang. Begini caranya:

  • Tidur dengan posisi telungkup di atas kasur.
  • Letakkan bantal tipis di bawah perut dan pinggul untuk mengangkat bagian tengah tubuh.
  • Gunakan bantal yang serupa untuk menunjang kepala. Kamu juga bisa memposisikan kepala ke samping kanan atau kiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading