Sukses

Health

Penyebab Perut Kram Saat Hamil yang Harus Diwaspadai

Fimela.com, Jakarta Bagi orang yang sudah menikah, kehamilan adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu. Kehadiran buah hati adalah hal yang paling dinantikan oleh semua calon orang tua.

Kehamilan tentunya jadi kabar yang menggembirakan bagi pasangan yang telah lama menunggu buah hati. Kehamilan kemudian dianggap berkaitan dengan kebahagiaan. Namun nyatanya proses kehamilan tidak semudah dan semenyenangkan yang diperkirakan.

Banyak ibu hamil yang mengeluh merasa perutnya kram. Tentunya bagi ibu hamil hal tersebut cukup membuat khawatir karena takut jika kondisi tersebut membahayakan.

Nah sebenarnya apa sih penyebab perut kram saat hamil? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

1. Perubahan Ukuran Rahim

Seiring bertambahnya usia kehamilan, ukuran rahim akan menyesuaikan dengan perkembangan janin yang kian membesar.

Untuk mendukung perkembangan rahim, jaringan ikat atau ligamen yang menghubungkan tulang panggul dan rahim akan meregang, sehingga rahim terasa kencang dan memicu terjadinya kram perut.

2. Tekanan pada otot, sendi, dan pembuluh darah

Kondisi perut yang semakin besar akan memberikan tekanan lebih pada otot, sendi, dan pembuluh darah. Kondisi ini akan membuat ibu hamil mudah lelah dan mengalami nyeri berlebih pada perut saat terlalu lama duduk atau berdiri.

3. Perubahan posisi rahim

Saat janin tumbuh, posisi rahim cenderung miring ke kanan atau ke kiri. Kondisi ini bisa membuat ligamen yang menyokong sisi rahim menjadi kencang atau mengalami kontraksi, sehingga memungkinkan ibu hamil lebih sering merasakan kram di bagian perut.

4. Gas Berlebih

Meningkatnya hormon progesteron menyebabkan otot saluran pencernaan lebih rileks dan lambat saat mencerna makanan. Semakin lama makanan berada di usus besar, semakin banyak gas yang diproduksi.

Terkadang, gas tersebut tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman di perut, tetapi juga dapat menjalar ke bagian punggung dan dada.

5. Setelah berhubungan seks

Berhubungan seks dan orgasme dapat menyebabkan kram perut saat hamil, yang kerap diikuti dengan sakit pinggang ringan. Hal ini terjadi karena vagina dan rahim mengalami sensasi berdenyut saat orgasme dan meninggalkan rasa kram perut setelahnya.

Selain beberapa penyebab di atas, kram perut saat hamil juga bisa disebabkan masalah kesehatan lain, seperti batu ginjal, kista ovarium, radang usus buntu, atau infeksi saluran kemih.

Cara Mengatasi Perut Kram Saat Hamil

Meski tergolong normal, kram perut saat hamil bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang yang dapat Bumil lakukan, yaitu:

  • Duduk atau berbaring saat kram perut muncul dan hindari melakukan gerakan secara tiba-tiba.
  • Konsumsi air putih yang cukup, karena kram perut bisa menjadi tanda Bumil mengalami dehidrasi.
  • Gerakkan tubuh atau lakukan olahraga ringan bila kram perut saat hamil terjadi akibat gas berlebih di saluran cerna. Hindari pula konsumsi makanan dan minuman yang menghasilkan gas berlebih, seperti kacang, kubis, dan minuman bersoda.
  • Cobalah mandi air hangat bila kram perut saat hamil terjadi setelah berhubungan seks.
  • Gunakan sabuk kehamilan untuk menyangga perut guna mencegah kram peur. Namun pastikan Anda tidak terlalu ketat menggunakannya.

Kram perut saat hamil, terutama di trimester akhir kehamilan, dapat disebabkan oleh kontraksi palsu. Jika hal ini terjadi, berbaringlah untuk meredakan nyeri. Jika nyeri terasa di bagian kiri, berbaring ke arah kanan atau sebaliknya.

Ada beberapa gejala yang menyertai kram perut dan sebaiknya Bumil waspadai, seperti rasa sakit saat buang air kecil, kram perut terasa sangat berat dan tak kunjung hilang, keluar flek atau darah dari vagina, muntah, demam, dan menggigil.

Kram perut yang disertai tanda-tanda tersebut adalah kondisi darurat dan perlu secepatnya mendapat pemeriksaan dan penanganan dari dokter. Oleh karena itu, meski kram perut saat hamil umum terjadi, jangan menganggap sepele keluhan ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading