Sukses

Health

Manfaat Penggunaan Masker Kopi, Salah Satunya Ampuh Melawan Jerawat

Fimela.com, Jakarta Siapa yang suka mengandalkan kopi sebagai minuman penambah energi? Betul, kopi memang identik dengan pekerjaan, kafeinnya yang tinggi mampu untuk menambah stamina dan meningkatkan konsentrasi. Tidak sampai situ saja, kopi juga populer dengan masker kecantikan, Lho!

Kamu mungkin rutin meminum kopi di pagi hari ataupun ketika sedang melakukan suatu pekerjaan. Berkat sumber antioksidannya yang baik menjadikan kopi sebagai minuman penambah energi sekaligus pengobatan alternatif untuk kulit. Mereka bisa mencegah rasa kantuk sepanjang hari dan menjadi produk perawatan tubuh secara keseluruhan. Kopi dipercaya memiliki sifat anti penuaan yang sama seperti hyaluronic acid, sehingga cocok untuk menjadi bahan untuk mengurangi kerutan dan mengencangkan kulit. 

Terlihat saat ini sudah banyak produk masker wajah yang melibatkan kopi pada bahan alaminya. Alih-alih membeli, kamu bisa membuat masker wajah kopi dari rumah. Penasaran bagaimana cara membuatnya dan apa saja manfaatnya? Baca selengkapnya di bawah ini.

Pengobatan luka 

Sejak berabad tahun yang lalu, kopi telah menjadi pengobatan luka yang efektif. Beberapa penelitian juga menyatakan hal positif mengenai kopi untuk penyembuhan luka. Selain sifat antioksidannya yang luar biasa, kopi juga dikemas dengan asam linoleat. Mereka secara langsung bekerja untuk menjaga integritas penghalang air kulit, sehingga mampu untuk melindungi kulit dari peradangan dan bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

 

 

Melawan tanda-tanda penuaan

Kopi memiliki efek peremajaan yang baik untuk kulit. Sifat antioksidan dan anti-inflamasinya secara efektif mampu untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Hal ini bisa mengurangi risiko kulit kusam dan iritasi. Minyak pada kopi pun melawan datangnya tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan perubahan pigmentasi kulit. 

Perlindungan dari radikal bebas

Kopi terbukti memiliki sifat perlindungan sinar UV, memungkinkan mereka untuk melawan jahatnya efek radikal bebas. Melansir dari laman Medical News Today, kandungan antioksidan polifenolnya berpotensi tinggi dalam memerangi tanda penuaan yang terkait dengan paparan sinar matahari. Terlihat pada beberapa orang yang memanfaatkan kopi memiliki bintik-bintik penuaan lebih sedikit daripada yang tidak mengonsumsi kopi.

Mengurangi mata panda 

Lagi-lagi sifat antioksidan kopi yang memainkan peran penting dalam perawatan kecantikan kulit. Mata panda sebenarnya adalah sesuatu yang normal dialami oleh tiap orang. Namun terkadang bisa mengganggu penampilan jika terlihat sangat jelas. Dikarenakan area mata cenderung sangat halus dan membutuhkan perawatan yang tepat, kopi adalah jawabannya. Kekuatan sifat anti-inflamasi dari kafein kopi mampu untuk mengurangi bengkak, kemerahan di bawah mata, hingga mengurangi peradangan. Melansir dari Healthline, kafein juga merangsang aliran darah dan melebarkan pembuluh darah. Ini berkaitan dengan kekencangan kulit secara alami dengan mengurangi penumpukan cairan di bawah mata. 

Mengencangkan kulit

Masih berhubungan dengan manfaat sebelumnya, minyak kopi mengandung kafein tinggi yang dapat meningkatkan percepatan aliran darah. Berkat antioksidannya, kopi juga membantu meningkatkan kadar kolagen pada kulit. Ini adalah senyawa yang terkait dengan tanda-tanda penuaan. Rutin mengonsumsi kopi dan menggunakan masker wajah kopi bisa mendapatkan tampilan sehat berkilau.

Mengobati permasalahan kulit

Setiap orang memiliki permasalahan kulit yang berbeda. Ada yang memiliki keluhan kekeringan, kulit berjerawat, hingga penyakit kulit eksim. Dalam hal mengatasi kulit, kopi adalah jagoannya. Seperti yang sudah diketahui bahwa kopi memiliki kafein dan Chlorogenic Acid (CGA) yang tinggi. Kedua kandungan tersebut ampuh untuk mengurangi peradangan akibat berbagai keluhan kulit. Ini termasuk jerawat, eksim, dan psoriasis. Jerawat biasanya datang dikarenakan kotoran yang menyumbat pada pori-pori wajah. Memanfaatkan kopi sebagai scrub bisa menghilangkan semua kotoran yang menyumbat, hal ini akan efektif mencegah datangnya jerawat. 

 

Cara membuat masker kecantikan kopi

Bahan yang diperlukan:

  • Bubuk kopi
  • 1 Sendok makan madu

Langkah pembuatan:

Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam mangkuk kecil. Jika sudah memiliki tekstur kental seperti adonan, maka oleskan ke wajah yang telah dibersihkan. Oleskan ke seluruh wajah dan berikan pijatan dengan lembut untuk memberi efek pengencangan. Hindari area mata. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air mengalir. 

Sangat mudah, bukan? Cukup menggunakan bahan yang ada di dapur sudah bisa membuat produk masker yang hebat. Madu dan kopi adalah kombinasi yang sempurna untuk memberikan kelembapan kulit sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan. Kulit akan terasa kenyal dan lembab setelah memakai campuran masker kopi ini.

 

*Penulis: Balqis Dhia.

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading