Sukses

Health

Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Fimela.com, Jakarta Sakit pinggang adalah salah satu permasalahan kesehatan yang cukup mengganggu aktivitas. Rasa sakit dan tidak nyaman dari sakit pinggang membuat aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Sakit pinggang bisa membuat posisi duduk saja sakit, apalagi untuk melakukan aktivitas yang lain.

Jangankan untuk beraktivitas, ketika mengalami sakit pinggang, tidur pun rasanya sulit sekali. Semua posisi seperti serba salah dan terasa tak nyaman. Oleh karena itu, sakit pinggang harus segera diatasi.

Berikut beberapa cara mengatasi sakit pinggang yang kamu alami.

1. Kompres Bagian yang Sakit

Kompres dingin dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit di pinggang akibat peradangan atau cedera ringan. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membungkus es dengan kantong atau handuk tipis, lalu tempelkan di bagian pinggang yang nyeri selama 20 menit. Lakukan secara rutin selama 2–3 hari.

Bila rasa nyeri masih hilang timbul selama lebih dari 3 hari, ganti kompres menggunakan air hangat untuk meredakan ketegangan otot dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, kamu juga sangat dianjurkan untuk mandi menggunakan air hangat.

2. Olahraga Ringan

Olahraga dapat memperkuat otot dan meningkatkan kelenturan tubuh di bagian pinggang, sehingga bisa meredakan gejala sakit pinggang dan mencegahnya kambuh kembali.

Kalau nyeri di pinggang tidak lagi terasa berat, kamu bisa mencoba olahraga ringan, seperti jalan santai, renang, atau yoga. Olahraga ini tergolong baik dan aman dilakukan saat sakit pinggang, karena tidak memberikan beban terlalu banyak pada persendian.

3. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Untuk mengatasi sakit pinggang, kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual secara bebas di apotek, seperti paracetamol maupun ibuprofen. Pastikan konsumsi obat ini sesuai petunjuk penggunaan di kemasannya.

4. Jaga Postur Tubuh

Salah satu penyebab umum sakit pinggang adalah kebiasaan duduk membungkuk saat bekerja di depan komputer. Sebaiknya, jaga postur tubuh tetap baik dengan cara duduk tegak dan pastikan bahu tetap rileks. Letakkan pula bantal di belakang tubuh untuk menyangga pinggang.

Penggunaan alas duduk khusus yang memiliki cekungan di bagian belakang juga dapat meringankan keluhan nyeri di area pinggang.

Hindari pula duduk terlalu lama karena dapat memperparah sakit pinggang. Bila pekerjaan menuntutmu untuk duduk dalam jangka waktu lama, maka sebaiknya kamu rutin melakukan peregangan atau stretching di sela waktu kerja.  

Posisi Tidur Ketika Sakit Pinggang

1. Berbaring Telentang

Berbaring telentang di atas kasur dianggap sebagai posisi tidur terbaik saat sakit pinggang. Namun, jangan sembarang rebahan. Pastikan posisi tulang belakang tetap lurus sejajar dengan kepala, leher, dan kaki. Kamu bisa menyelipkan bantal kecil di bawah lutut untuk menopang berat tubuh secara merata. Dengan begitu, posisi tubuh benar-benar tegak lurus di atas kasur.

2. Telentang dan Bersandar

Tidur berbaring dengan menyelipkan beberapa bantal di punggung atas sangat aman bagi pinggang juga punggung. Kamu bisa menempatkan tangan di atas perut dan dada atau di samping tubuh saat tidur, tergantung kenyamanan.

3. Tidur Menyamping

Kamu boleh saja tidur menyamping ketika pinggang masih sakit dengan menyelipkan bantal atau guling di antara kedua lutut. Bantal akan menjaga pinggul, panggul, dan tulang belakang dalam posisi yang lebih baik.

4. Meringkuk

Posisi tidur yang meringkuk seperti bayi dalam kandungan bagus untuk penderita saat sakit pinggang disebabkan oleh saraf kejepit. Dengan posisi ini, tubuh membuka ruang untuk sendi-sendi di antara tulang belakang.

5. Tengkurap

Kamu bisa sesekali mencoba tidur tengkurap saat sakit pinggang dengan menyiasati posisi badan di atas kasur. Kuncinya adalah dengan menyelipkan bantal di perut untuk menjaga kesejajaran tulang belakang.

Jika kamu sudah menerapkan cara-cara tersebut namun sakit pinggang yang kamu alami belum juga membaik atau justru semakin parah, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan diagnosa yang diberikan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading