Sukses

Health

5 Olahraga yang Dapat Memperbaiki Postur Tubuh

Fimela.com, Jakarta Salah satu penunjang penampilan adalah memiliki postur tubuh yang baik. Ini membantu untuk mengembangkan keseimbangan dalam tubuh, kekuatan, dan juga fleksibilitas. Dengan postur tubuh yang baik dapat mengurangi nyeri otot dan meningkatkan energi sepanjang hari. 

Postur tubuh yang tegak juga dapat membantu meningkatkan pengaruh positif, mengurangi kelelahan pada orang depresi, dan menghilangkan fokus diri dari hal yang negatif. Apakah postur tubuh saat ini dapat diperbaiki agar menjadi lebih baik? Jawabannya tentu bisa. Dilansir dari healthline (28/07) ini 5 olahraga yang dapat memperbaiki postur tubuh. 

Side plank

Pindahkan berat badan kamu ke tangan kanan sebagai tumpuan, tumpuk pergelangan kaki dan angkat pinggul. Letakkan tangan kiri di pinggul atau rentangkan ke  arah langit-langit. Libatkan tubuh bagian samping, otot perut dan otot bokong saat kamu mempertahakan posisi ini. Sejajarkan tubuh dalam garis lurus dari kepala hingga tumit, dan tahan pose ini 30 detik. Ulangi dengan sisi yang berlawanan.

Chest opener

Pertama berdirilah dengan kaki selebar pinggul, bawa lengan kamu ke belakangan dan buat jari-jari telapak tangan agar saling menempel. Jaga kepala, leher dan tulang belakang untuk tetap dalam satu garis lurus saat kamu menatap ke depan. Tarik napas saat mengangkat dada kearah langit-langit dan angkat kedua tangan ke arah lantai. Tarik napas dalam sambil menahan pose, lepaskan dan rilekskan beberapa saat. Ulangi sebanyak 10 kali.

Forward fold

Berdirilah dengan jempol kaki bersentuhan dan tumit yang sedikit terbuka. Bawa tangan ke pinggul dan lipat pinggul ke depan. Lepaskan tangan kamu ke lantai, jangan khawatir apabila tangan tidak sampai cukup lakukan sejauh yang kamu bisa. Tekuk sedikit lutut dan lunakkan pinggul, biarkan tulang belakang terasa memanjang. Letakan dagu ke dada dan biarkan kepala kamu jatuh ke lantai.

Cat-cow

Tumpulah pada tangan dan lutut dengan barat badan di antara keempat titik. Tarik napas untuk melihat keatas dan jatuhkan perut kamu ke arah tanah saat kamu meregangkan tulang belakang. Buang napas dan lengkungkan tulang belakang kamu ke arah langit-langit dan letakkan dagu ke dada. Ulangi selama 1 menit.

Childs pose

Duduklah diatas tulang kering dengan posisi kedua lutut rapat, jempol kaki bersentuhan dan tumit terentang ke samping. Lipat pinggul ke depan dan letakkan tangan kamu ke depan. Kemudian turunkan pinggul kembali kearah bawah kaki. Jika paha tidak bisa turun sepenuhnya maka letakkan bantal atau selimut di bawah tubuh sebagai penyangga. Letakkan dahi di lantai dan putar kepala ke satu sisi. Tarik napas dalam-dalam ke bagian belakang tulang rusuk dan pinggang. Tahan 5 menit sambil terus bernapas dalam. 

Sahabat Fimela, demikian 5 olahraga yang dapat memperbaiki postur tubuh yang dapat kamu lakukan di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading