Sukses

Health

Mengenal Proses Healing, Memulihkan Diri untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Fimela.com, Jakarta Pernahkah kamu merasa terluka, baik secara fisik maupun emosional, dan merasa butuh waktu untuk menyembuhkan diri? Jika iya, maka bisa jadi itu tanda bahwa kamu membutuhkan healing.

Dilansir dari Psychology Today, dalam ahli psikologi, healing merupakan proses alami untuk menyembuhkan diri dari luka, stres, trauma, atau ketidakseimbangan mental yang dialami oleh seseorang, baik secara fisik, mental, maupun emosional. Tujuan dari healing sendiri adalah untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik dan membangun kedamaian batin.

Ada pun manfaat lainnya dari healing, diantaranya yakni:

1.Mengurangi stres dan kecemasan

Healing membantu meredakan stres dan kecemasan yang bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

2. Memperkuat koneksi diri

Melalui proses healing, seseorang dapat memahami diri mereka sendiri lebih dalam dan meningkatkan rasa percaya diri.

3. Meningkatkan resiliensi

Healing membantu meningkatkan resiliensi atau ketahanan mental dalam menghadapi tantangan hidup.

4. Mengatasi trauma dan rasa sakit emosional

Proses healing dapat membantu seseorang menghadapi trauma masa lalu dan meredakan rasa sakit emosional yang selama ini dialami.

5. Meningkatkan kualitas hidup

Healing membantu seseorang mencapai keseimbangan dalam kehidupan sehingga dapat menikmati hidup dengan lebih bahagia.

Cara melakukan healing

Proses healing dapat dilakukan melalui berbagai cara, termasuk:

1. Meditasi

Dilansir dari Healthline, dalam perjalanan menyembuhkan diri dari luka emosional atau stres, meditasi telah terbukti menjadi salah satu cara healing termudah dan efektif. Hal ini dikarenakan meditasi merupakan praktik yang melibatkan fokus pada pernapasan, pikiran, atau perasaan dengan tujuan mencapai kedamaian batin. Dengan meditasi, kita dapat lebih rileks, pikiran menjadi lebih tenang, serta lebih sadar terhadap pikiran dan perasaan kita.

2. Yoga dan olahraga

Yoga dan olahraga merupakan aktivitas fisik yang membantu melepaskan endorfin, hormon alami dalam tubuh yang dapat meredakan stres dan meningkatkan kesehatan fisik serta mental. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh kita dapat menjadi lebih bugar dan pikiran menjadi lebih jernih, serta dapat membantu mencapai keseimbangan emosi dan kesehatan secara keseluruhan.

3. Penyembuhan spiritual

Penyembuhan spiritual melalui meditasi, doa, atau praktik agama dapat menjadi salah satu cara healing terbaik dan mudah dilakukan. Melalui meditasi, doa, atau praktik agama, seseorang dapat menemukan kedamaian dalam diri mereka, merenung dan merefleksikan diri, serta lebih kuat dalam mengatasi rintangan dan tantangan kehidupan. 

4. Melakukan aktivitas seni yang menyenangkan

Dilansir dari Health Harvard Edu, mengekspresikan diri melalui seni atau musik adalah bentuk healing yang kuat. Melalui ekspresi kreatif ini, seseorang dapat mengungkapkan perasaan dan emosi yang terpendam dengan cara yang positif dan bebas. Selain itu, aktivitas seni juga memungkinkan individu menyampaikan pesan secara non-verbal, sementara musik mempunyai kekuatan merangsang perasaan dan menyentuh jiwa. 

5. Liburan

Tahukah kamu bahwa liburan bisa menjadi salah satu cara healing yang efektif, lho. Ketika melaksanakan liburan, kita memiliki kesempatan untuk beristirahat dan melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari yang mungkin menyebabkan stres dan kelelahan. Selain itu, liburan juga memberikan kesempatan untuk tubuh beristirahat, bersantai, dan menyegarkan pikiran.

Demikian beberapa cara healing yang mudah dilakukan dan efektif dalam menyembuhkan diri. Menurut perspektif psikologi, healing juga dapat membawa pertumbuhan dan pemulihan yang positif dalam hidup seseorang.

 

*Penulis: Amelia Septika.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading