Sukses

Health

Tips Sehat Lawan Penyakit dengan Pilihan Menu Makanan yang Lezat untuk Atasi Batuk!

Fimela.com, Jakarta Di tengah-tengah kondisi perubahan iklim dan cuaca yang tidak menentu, berbagai macam penyakit dengan mudah datang dapat menyerang manusia, termasuk batuk. Batuk seringkali dianggap sebagian besar masyarakat sebagai penyakit yang sepele, tetapi nyatanya penyakit ini sangat umum terjadi di keseharian aktivitas manusia.

Saat ini, kondisi udara di kota-kota besar, seperti DKI Jakarta sedang dilanda permasalahan kualitas udara dan polusi yang sangat buruk. Kondisi tersebut meningkatkan potensi seseorang terkena penyakit saluran pernapasan, seperti batuk dan pilek. 

Masyarakat perkotaan yang memiliki mobilitas tinggi terpaksa harus tetap keluar rumah di tengah kondisi yang tidak baik. Dengan pola hidup yang juga tidak sehat, potensi untuk terkena batuk dan berbagai penyakit akan semakin tinggi.

Gejala dan Dampak Batuk yang Umum Terjadi

Kita dituntut untuk bisa membiasakan diri terhadap potensi berbagai macam penyakit yang bisa timbul. Batuk biasanya muncul diawali dengan gejala radang tenggorokan yang menyebabkan tenggorokan menjadi sakit dan kering.

Penyebab radang tenggorokan juga bisa diakibatkan karena konsumsi olahan makanan yang mengandung minyak secara berlebihan, minum-minuman yang terlalu dingin, konsumsi makanan yang terlalu manis, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan tenggorokan.

Saat menghadapi kondisi tersebut, batuk akan menjadi sangat mengganggu dan menghambat aktivitas manusia. Batuk biasanya akan menurunkan nafsu makan seseorang dan hal itu adalah sesuatu yang lumrah. Akan tetapi, mengonsumsi makanan yang bergizi tetap dianjurkan untuk meningkatkan imunitas dan mempercepat pemulihan tubuh seseorang.

Makanan untuk Atasi Batuk

Lantas makanan apa saja yang dapat meredakan batuk? Berikut beberapa tips makanan yang efektif dalam meredakan batuk, tetapi juga lezat untuk kamu : 

1. Sup 

Bukan tanpa alasan, sup memang menjadi pilihan yang sangat direkomendasikan untuk seseorang meredakan batuk. Makanan sehat ini mengandung banyak vitamin, mineral, dan kalori yang berasal dari kaldu dan sayur-sayuran yang digunakan. Sup yang bisa menjadi pilihan di antaranya, sup ayam, sup jagung, dan sup sayur.

Sup kaya akan cairan elektrolit yang bermanfaat untuk mencegah seseorang dari dehidrasi. Selain itu, sup  yang hangat dapat mempercepat meredakan sakit tenggorokan karena makanan hangat bisa menenangkan tenggorokan yang infeksi. 

2. Makanan yang Asam

Makanan-makanan asam, seperti jeruk, lemon, nanas, dan lainnya banyak mengandung vitamin C yang merupakan salah satu pilihan yang baik untuk bisa meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Berdasarkan sebuah ulasan yang diambil dari National Center of Epidemiology Population Health , Australian University, vitamin C sangat membantu mengatasi penyakit flu, seperti batuk dan pilek. Nutrisinya juga dapat membantu tubuh untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mempercepat pemulihan. 

3. Jahe 

Bahan makanan yang sering dijumpai di dapur ini ternyata bahan yang baik untuk bisa menyembuhkan batuk. Jahe dapat dicampurkan ke dalam minuman, seperti teh panas. Jahe sangat baik dalam meredakan intensitas batuk dan meredakan sakit dari tenggorokan yang serak.

4. Yogurth 

Kandungan probiotik adalah kandungan yang baik untuk melawan gejala flu dan batuk. Orang yang rutin mengkonsumsi yogurt akan lebih kuat dalam menangkal penyakit batuk. Apabila terjangkit penyakit tersebut, orang yang rutin mengkonsumsi yogurt, gejala batuk yang ditimbulkan tidak terlalu parah. 

5. Madu Murni

Madu murni terkenal memang bahan alami yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Ternyata, bahan alam ini juga efektif dalam meredakan batuk. Ternyata madu memiliki kemampuan anti virus dan anti inflamasi yang mampu mengurangi rasa sakit saat terjadi batuk.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesAgustus

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading