Sukses

Health

Aktivitas Favorit Semua Orang, 5 Manfaat Bowling untuk Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Aktivitas yang paling diminati saat first date, itu banyak sekali. Akan tetapi salah satu aktivitas yang bisa membuat seseorang senang dan memberikan manfaat kesehatan itu tidak banyak. Dari berbagai macam kegiatan first date bowling merupakan aktivitas yang dapat memberikan kesedihan dan manfaat kesehatan.

Bowling sendiri merupakan suatu aktivitas atau olahraga yang menggunakan bola berat sebagai alat untuk menjatuhkan pin-pin yang ada di depan pandangan. Dilansir oleh Britannica.com, permainan bowling ini sudah ada sekitar 3200 sebelum masehi dan ditemukan di Mesir. Dimana ditemukan dalam kondisi ada 9 pin yang terbuat dari batu dan kemudian akan dijatuhkan menggunakan bola yang terbuat dari batu.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bowling dapat memberikan manfaat. Kira-kira apa itu?

Nah, Sahabat FIMELA berikut adalah 5 manfaat bowling untuk kesehatan berdasarkan Healthfitnessrevolution.com.

Mengencangkan dan memperkuat otot

Faktanya bowling dapat membantu meningkatkan otot bagian bawah tubuh. Hal ini dikarenakan dalam bowling membutuhkan banyak sekali gerakan berjalan dan dalam berjalan ini akan mendapatkan beban tambahan berupa bola bowling. 

Bukan hanya membantu pembentukan otot bagian bawah tubuh (kaki), tangan kalian juga akan membantu meningkatkan peregangan dan pelenturan, ligamen, otot, dan persendian di lengan kamu.

 

 

Penurunan berat badan

Bukan hanya dapat membantu meningkatkan kualitas peregangan di lengan dan bagian bawah tubuh, bowling juga akan membantu kamu menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme tubuh kamu.

Meskipun aktivitas ini tidak membutuhkan ruang yang besar saat melakukannya. Akan tetapi aktivitas ini akan membuat dirimu bergerak secara beruang dimana akan membantu kamu membakar lemak yang berlebih. Selain itu kamu akan melatih seluruh tubuh kamu karena semua gerakan saat bermain bowling akan membutuhkan seluruh tubuh untuk melakukannya. 

Apalagi rata-rata berjalan dalam permainan bowling adalah sekitar ⅗ mil selama 3 pertandingan. Dimana pembakaran lemak akan bergantung pada berat badan dan usaha yang kalian berikan saat bermain. Kira-kira kamu akan membakar 170 sampai 300 kalori per permainan. Dimana orang yang berat badannya adalah 90 kg akan dapat membakar 275 kalori per jam, pernyataan ini dilansir oleh healthfitnessrevolution.com yang mengutip dari MayoClinic.com.

 

 

Koordinasi tangan-mata

Faktanya, bermain bowling dapat membantu kamu untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama antara mata dan tangan. Untuk menjatuhkan semua pin yang ada di ujung lapangan bowling memerlukan tingkat koordinasi yang tinggi. Salah satunya adalah tingkat kefokusan, dimana jika seseorang sudah fokus maka mata dan tangan akan bisa merangsang kewaspadaan mental, konsentrasi, dan strategi taktik.

Dimana aktivitas ini akan memberikan manfaat yang sempurna untuk anak remaja dimana tindakan ini akan mempertajam keterampilan motorik dan koordinasi antara tangan dan mada. Selain itu, untuk orang yang lebih tua, permainan bowling akan membantu mereka untuk mempertajam kemampuan mereka untuk menyempurnakan taktik.

 

 

Jantung yang sehat

Bukan hanya dapat menurunkan berat badan, bermain bowling dapat meningkatkan kinerja yang baik khususnya pada otot yang ada di sekitar jantung. Menambahkan, bermain bowling juga akan meningkatkan adrenalin yang sehat untuk meningkatkan kinerja detak jantung. Hal ini dapat disimpulkan kalau bermain bowling dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Mengurangi risiko penyakit

Memiliki gaya hidup yang seimbang merupakan tindakan yang harus dilakukan oleh semua orang. Dikutip oleh Healthfitnessrevolution.com, gaya hidup yang tidak melibatkan olahraga atau bergerak dapat menimbulkan resiko penimbul penyakit jantung. 

Olahraga, termasuk bermain bowling secara teratur dapat mengurangi resiko timbulnya penyakit stroke, serangan jantung, diabetes, bahkan dapat meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan sirkulasi, menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, serta membantu melatih tubuh kamu untuk menggunakan oksigen dengan baik. 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 #BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading