Sukses

Health

5 Kebiasaan Sehari-Hari yang Ternyata Menaikkan Berat Badan Secara Drastis

Fimela.com, Jakarta Setiap orang berharap bahwa ia memiliki berat badan ideal dan bentuk badan proporsional. Namun sayang, semakin besar keinginan ini membuat seseorang rentan stres dan melakukan kebiasaan yang justru menaikkan berat badan. 

Penting diketahui, kesehatan dan naik turunnya berat badan sering kali dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari yang mungkin dianggap sepele. Beberapa kebiasaan ini, meskipun sering dilakukan, nyatanya berkontribusi besar pada kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Penasaran kebiasaan apa saja Sahabat Fimela? Berikut beberapa kebiasaan tersebut meskipun tampaknya biasa saja dan tak berbahaya. 

Kurang Tidur

Tidur yang cukup memiliki peran penting dalam regulasi hormon yang mengatur nafsu makan dan metabolisme. Kekurangan tidur bisa meningkatkan produksi hormon lapar dan menurunkan hormon kenyang, sehingga memicu konsumsi makanan berlebihan. Ini kemudian memungkinkan berat badan naik secara drastis setiap harinya tanpa disadari. Selain kurang tidur, kebiasaan tidur setelah makan juga besar pengaruhnya terhadap kenaikan berat badan bahkan buruk untuk kesehatan.

Porsi Makan yang Besar

Memperhatikan porsi makan adalah kunci untuk menjaga berat badan. Kebiasaan makan dalam porsi besar tanpa disadari bisa mengakibatkan asupan kalori yang berlebihan dan penambahan berat badan. Pastikan untuk menghitung kebutuhan nutrisi dan kalori yang tepat agar tidak kalap saat makan. Hindari kebiasaan makan dengan porsi besar agar berat badan bisa tetap stabil. 

Camilan yang Tidak Sehat

Apa saja camilan tidak sehat itu? Camilan yang tidak sehat antaranya camilan tinggi gula, lemak, dan garam. Camilan ini sering kali mengandung banyak kalori tanpa memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Mengonsumsi camilan tidak sehat secara berlebihan bisa menyebabkan kenaikan berat badan secara drastis setiap harinya. 

Selain camilan yang tidak sehat, kebiasaan konsumsi minuman manis dan bersoda atau sejenisnya, juga mampu menaikkan berat badan tanpa kamu sadari. Minuman manis mengandung kalori berlebih yang tak baik buat kesehatan. Sebaiknya, ganti minuman manis dengan air putih agar lebih sehat.

Kurang Gerak

Apakah selama ini kamu kurang gerak atau kurang melakukan aktivitas fisik? Gaya hidup yang kurang aktif fisik bisa mengurangi pembakaran kalori harian dan menghambat metabolisme. Aktivitas fisik membantu membakar kalori dan menjaga berat badan tetap seimbang. Miliki gerak fisik cukup setiap harinya dan olahraga cukup untuk mencegah kenaikan berat badan.

Makan Tergesa-gesa atau Cepa

Makan dengan tergesa-gesa dan tanpa kesadaran bisa mengakibatkan asupan makanan yang berlebihan sebelum merasa kenyang. Memberi waktu bagi tubuh untuk merasakan kenyang bisa membantu mengurangi risiko makan berlebihan. Yuk, hindari kebiasaan makan tergesa-gesa setiap harinya. 

Nah itulah sekian kebiasaan yang perlu dihentikan jika ingin berat badan senantiasa stabil. Jika kamu ingin menjaga berat badan atau menghindari penambahan berat yang tidak diinginkan, yuk lebih sadar dalam menjaga pola hidup dan kebiasaan sehari-hari. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading