Sukses

Health

6 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Mencegah Bau Badan

Fimela.com, Jakarta Bau badan merupakan masalah yang kerap bikin siapapun tak nyaman. Ini hanya bikin pemilik bau badan tak nyaman, tapi juga bikin orang-orang di sekitar merasa kurang tertarik dan tidak nyaman. Bau badan bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Ini juga bisa membuat hubungan sosial dengan orang lain cukup terganggu karena ketidak percayaan diri tersebut. 

Mengutip dari laman healthline.com, bau badan sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kebersihan diri yang kurang baik, makanan yang masuk ke dalam tubuh sehari-hari atau karena genetik. Untuk mengatasi bau badan, yang penting dilakukan adalah mencari penyebabnya. Saat kita tahu penyebab bau badan, kita pun akan tahu caranya mengatasi bau badan ini. 

Berikut beberapa tips atau kebiasaan sederhana yang bisa dilakukan demi mencegah bau badan. Apa saja kebiasaan tersebut? Yuk, simak yang berikut ini.

Menjaga Kebersihan Diri

Mandi secara teratur dengan menggunakan sabun antibakteri, dan membersihkan area-area tertentu seperti ketiak dengan baik adalah cara untuk menjaga kebersihan diri. Ini mungkin sebagai kebiasaan sederhana yang kerap dilakukan semua orang. Tapi, saat kamu mandi dengan baik dan membiasakan diri mandi secara teratur, ini akan mencegah masalah bau badan. 

Menggunakan Deodoran

Menggunakan deodoran yang mengandung bahan antibakteri, bisa membantu mengurangi bau badan. Usahakan gunakan deodoran yang sesuai dengan jenis kulitmu. Deodoran akan membantumu memiliki bau badan lebih wangi atau lebih segar. Tapi ingat, berlebihan dalam menggunakan deodoran juga tak akan baik sehingga kamu harus lebih bijaksana menggunakannya. 

Menghindari Makanan Penyebab Bau Badan

Beberapa makanan, seperti bawang putih dan bawang, bisa mempengaruhi bau badan. Aneka makanan berbahan dasar daging merah dan ikan, juga rentan menyebabkan bau badan. Sebaiknya hindari aneka makanan penyebab bau badan. Kalau pun mengonsumsinya, batasi konsumsinya dan imbangi dengan makanan lain seperti sayur serta buah yang bisa menyegarkan bau badan. 

Minum Air Cukup

Air membantu mengeluarkan racun dari tubuh melalui keringat dan urine. Konsumsi air cukup setiap harinya, bisa bantu menurunkan masalah bau badan. Ini juga bisa mencegah bau badan tak sedap. Konsumsi air cukup bahkan akan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh dengan lebih baik.

Stop Konsumsi Alkohol dan Merokok

Kebiasaan yang harus kamu punya jika ingin bau badan lebih segar adalah stop konsumsi minuman beralkohol pun merokok. Kedua hal ini bisa memicu masalah bau badan tak sedap. Ini juga memicu beragam masalah kesehatan yang serius ke depannya. 

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Beberapa buah dan sayur dipercaya akan membuat bau badan lebih segar. Buah-buahan seperti jeruk, apel dan nanas, dipercaya bikin bau badan lebih segar. Sedangkan sayur kemangi, selada dan beluntas, juga dipercaya mengatasi masalah bau badan yang tak sedap. 

Itulah sekian kebiasaan sederhana yang  bisa dilakukan untuk mengatasi maupun mencegah masalah bau badan. Jika dengan kebiasaan di atas bau badan tetap tak sedap, jangan ragu untuk mengonsultasikan hal ini dengan dokter atau ahlinya. Bau badan terkadang juga sebagai sinyal adanya masalah kesehatan yang cukup serius dan penting diwaspadai. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading