Sukses

Health

11 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Mental Lebih Sehat Bahagia

Fimela.com, Jakarta Mental sehat dan bahagia adalah dambaan setiap orang. Namun, tak semua orang bisa memiliki mental sehat secara optimal. Tantangan hidup yang kadang terasa memberatkan, bikin mental seseorang jatuh. Untuk dapatkan mental sehat dan bahagia, sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan sederhana yang akan membantumu dapatkan mental lebih sehat serta bahagia.

Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur  bisa meningkatkan produksi endorfin. Hormon ini bersifat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Aktivitas fisik seperti berjalan kaki, berlari, atau yoga bisa membantumu lebih nyaman, bahagia dan tenang. 

Tidur Cukup

Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Tidur yang berkualitas mendukung kesehatan mental dan fisikmu sehari-hari. Cobalah untuk menjaga rutinitas tidur yang konsisten setiap harinya. Usahakan juga untuk memiliki tidur siang agar kualitas kesehatan mental lebih baik.

Makan Seimbang

Pola makan yang sehat berdampak besar pada kesehatan mental. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan menjauhi makanan olahan berlebihan. Makan aneka makanan dengan nutrisi seimbang setiap harinya.

Praktik Mindfulness

Meditasi dan mindfulness bisa membantumu meredakan stres, meningkatkan kesadaran diri, dan merasa lebih tenang. Luangkan waktu sejenak setiap hari untuk merenung atau bermeditasi. Olahraga seperti yoga memiliki manfaat yang begitu mengagumkan. 

Menjaga Hubungan Sosial

Pertahankan hubungan sosial yang positif dan berarti dengan teman, keluarga, dan orang-orang terdekatmu. Koneksi sosial yang baik akan memberikan dukungan emosional yang penting. Ini bisa bikin pikiran lebih bahagia, nyaman dan lebih tenang.

Tekuni Hobbi

Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu nikmati. Tekuni hobi dan kegiatan yang menyenangkan seperti berkebun, bermusik atau sekedar membaca buku. Ini akan memberikan kebahagiaan dan meningkatkan kesejahteraan mentalmu sehari-hari. 

Murah Hati

Berbuat baik kepada orang lain akan memberikan perasaan pencapaian dan kebahagiaan. Bekerja sebagai sukarelawan atau memberikan dukungan kepada yang membutuhkan dapat meningkatkan perasaan bahagia. Jadilah pribadi dengan sikap murah hati terhadap sesama. Sikap murah hati adalah salah satu sikap yang bikin hidup makin bahagia, mental lebih sehat dan pikiran lebih terbuka.

Buat Daftar Tujuan

Menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang memberikan arah yang jelas dan kehidupan yang lebih bermakna. Kamu bisa mencapai tujuan-tujuan yang telah kamu buat dengan lapang dada, penuh semangat dan rasa bahagia. Ini berbeda denganmu yang tak punya daftar tujuan apapun di hidupmu.

Bersikap Penuh Penerimaan

Terima dirimu secara apa adanya. Tentunya dengan semua kelebihan dan kekuranganmu. Belajar menerima diri sendiri dengan kasih sayang dan tanpa kritik yang berlebihan akan membuat mental lebih sehat dan bahagia. 

Stop Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Fokus pada perjalananmu sendiri daripada membandingkan diri dengan orang lain. Setiap individu terlahir unik, dan kita semua memiliki perjalanan yang berbeda. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain, akan membuatmu perasaanmu lebih bahagia, penuh penerimaan dan ketenangan.

Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Jangan ragu untuk merawat dirimu sendiri. Luangkan waktu untuk bersantai, mengejar hobi, atau sekedar merenung. Miliki hari untuk diri sendiri dengan melakukan refreshing ke tempat menyenangkan seperti pantai, gunung atau kebun. Kamu berhak menyenangkan dirimu sendiri agar lebih bahagia. 

Ingatlah bahwa menjaga kesehatan mental adalah perjalanan yang berkelanjutan, dan perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-harimu. Ini bisa memiliki dampak besar pada kesejahteraan mentalmu. Semoga informasi ini bermanfaat dan miliki aneka kebiasaan ini setiap harinya ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading