Sukses

Lifestyle

Selain Membuat Hidup Bahagia, Ini 5 Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Kesehatan Mental

Fimela.com, Jakarta Memiliki hewan peliharaan memberi banyak tantangan. Mulai dari memberi makan, menjaga kesehatan hewan, hingga kebersihan perlu diperhatikan. Namun, bagi seseorang yang memiliki hewan peliharaan cenderung hidup lebih bahagia dan menghadirkan emosi positif.

Melansir dari Fetch, memiliki hewan peliharaan dapat membantu mengatasi stres, meningkatkan suasana hati, dan meredakan kesepian. Hewan peliharaan mampu memberi rasa cinta dan persahabatan bagi pemiliknya. Terdapat manfaat kesehatan mental lain yang diperoleh bila memiliki hewan peliharaan. Apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

1. Mood Booster

Hanya dengan melihat hewan peliharaan bisa membuatmu bahagia, apalagi bermain dengan mereka dan menyentuhnya langsung. Studi menunjukkan bahwa kontak mata dengan anjing dapat melepaskan hormon oksitosin yang membuat hati bahagia. Saat sedang penat, cobalah untuk bermain dengan hewan peliharaanmu agar kembali bersemangat.

2. Rutinitas Sehat

Memiliki hewan peliharaan artinya siap merawatnya setiap hari dengan memberi makan, membersihkan kandang, dan melatih mereka. Aktivitas ini memberi stabilitas dan prediktabilitas dalam hidup. Bagi penderita depresi, rutinitas harian sangat penting untuk mengendalikan emosi.

3. Mengurangi Stres

Membelai anjing atau kucing peliharaan adalah cara cepat mengurangi stres. Penelitian menemukan bahwa berada di sekitar hewan dapat menurunkan hormon stres yaitu kortisol sehingga mampu menurunkan kecemasan hingga depresi. Selain itu, merawat hewan memaksa diri untuk melakukan aktivitas fisik seperti bersih-bersih hingga menyiapkan makanan. Aktivitas ini dipercaya ampuh membantu mengurangi stres.

4. Meningkatkan Interaksi Sosial

Hewan peliharaan menciptakan peluang untuk berinteraksi dengan orang lain, terutama bila bergabung dengan komunitas pecinta hewan. Pergi ke acara seputar hewan hingga berjalan-jalan bersama mereka membuat peluang untukmu bertemu banyak orang dan berinteraksi. Hal ini membantu melepas hormon stres dan meningkatkan kemampuan sosial yang berpengaruh pada kesehatan mental.

5. Meningkatkan Kebugaran Jasmani dan Rohani

Saat merawat hewan seperti anjing, rutinitas seperti jalan-jalan dan berlatih bersama membuat sang pemilik bergerak aktif. Aktivitas ini sama seperti berolahraga. Olahraga sendiri dipercaya dapat meredakan stres dan membuat tubuh sehat. Apalagi bil dilakukan bersama hewan peliharaan, bukan hanya sehat fisik dan mental namun juga membuat hati lebih bahagia dan tidak merasa kesepian.

Kesenangan dan ketenangan hati yang didapat dari merawat hewan dapat dirasakan dengan bermain bersama hewan liar. Memberi makan hewan di jalan atau menghabiskan waktu di taman hewan bisa jadi alternatif bagimu yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Penulis: Mufiidaanaiilaa A.S

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading