Sukses

Health

5 Cara Efektif dalam Mengurangi Stres Tanpa Perlu Bokek

Fimela.com, Jakarta Hari Kesehatan Mental Sedunia sudah hampir tiba, tepatnya pada 10 Oktober 2023. Menjaga kesehatan mental merupakan salah satu tindakan yang paling penting untuk diperhatikan. Sebab, jika tidak ditangani dengan benar, akan mendapatkan berbagai macam dampak negatif, seperti prokrastinasi, gangguan kecemasan, stres, dan lain-lain.

Stres adalah salah satu gangguan yang paling banyak dialami oleh orang-orang zaman sekarang karena mereka mendapatkan banyak sekali tekanan dari pekerjaan maupun sekolah. Mengutip dari World Health Organization (WHO), orang yang biasanya merasa stres biasanya akan lebih kesulitan untuk bersantai dan mengatur emosi. Biasanya Orang stress akan merasa lebih mudah marah dan merasa terganggu dengan hal-hal kecil. 

Ketika kita merasakan stres, badan kita akan merasakan kesakitan terutama di bagian kepala dan beberapa bagian di badan, seperti sakit perut atau merasa sulit untuk tidur. Bahkan jika kita merasakan stress terlalu parah, akan kehilangan nafsu makan atau makan terlalu banyak dari porsi biasanya. Ada beberapa kasus, orang yang merasa stres dan mudah stres biasanya akan mulai untuk mengkonsumsi alkohol, tembakau, dan narkoba. Tindakan ini dilakukan agar mereka dapat merasakan ketenangan dan kesenangan sesaat.

Misalnya kamu melihat orang yang sedang stres saat menghadapi suatu kejadian atau yang lainnya, ingat untuk jangan pernah menganggap kalau mereka akan memberikan respon yang sama sepertimu. Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk merespon rasa stres. Bahkan gejala-gejala stres setiap orang bisa berbeda-beda. 

“Bila kamu tidak menjaga kesehatan mental dengan cara yang tepat, kamu akan menumpuk beban pikiran, mempercepat burnout, dan menambah beberapa masalah mental dan finansial,” ujar Coach Pris selaku founder dari Stress Management Indonesia.

Ia mengatakan kalau cara terbaik untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan cara menanganinya saat kamu sudah merasa bahwa ada yang salah dengan dirimu atau kamu rasa kamu lebih mudah frustasi. Tidak selalu harus pergi mengunjungi terapis. Maka dari itu, berikut adalah cara mengatasi stres dari  Stress Management Indonesia.

 

 

Coba Terapi Mandiri

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Kamu dapat memulai menjaga kesehatan memintamu dengan sesimple merawat dirimu sebaik mungkin. Berikankanlah hadia untuk tubuhmu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Menambahkan kamu juga dapat minum air setidaknya 2 L dalam sehari. Bukan hanya itu melakukan olahraga untuk membuat tubuh bugar dan makin tenang juga merupakan hal yang baik untuk mengurangi stres. Beberapa contoh olahraga yang bisa kamu lakukan seperti yoga dan meditasi. Bukan hanya kesehatan mental ibu akan membaik, tetapi tubuhmu akan segar dan bugar.

Bersosialisasi dan Kembangkan Rasa Syukur

Dalam menghadapi berbagai macam permasalahan entah itu fisik dan mental harus dihadapi secara bersama. Kamu bisa melakukan hal tersebut dengan curhat ke teman terdekat, keluarga, atau komunitas pendukung yang memiliki permasalahan yang serupa. Ceritakanlah segala macam keluh kesah, kelelahan akibat over thinking, atau yang membuatmu merasa cemas. Dengan bercerita dengan orang lain kamu akan merasakan lebih baik daripada sebelumnya. Namun, jangan lupa untuk selalu bersyukur karena ada orang yang selalu mau mendengarkan dan mendukungmu meskipun tidak sebesar yang kamu harapkan. 

Praktikan Mindfulness dengan Journaling

Mindfulness adalah keterampilan kognitif yang sering digunakan untuk mempertahankan kesadaran mental pada isi pikiran seseorang tanpa melakukan reifikasi konseptual. Coba untuk menerapkan metode tersebut. Selain itu kamu juga bisa menerapkan journaling, ceritakanlah harimu di buku tersebut, ungkapkan apa yang membuatmu merasa kesulitan dan resah. Jika kamu menerapkan ini secara teratur, kamu akan merasa bahwa perasaanmu akan lebih terorganisir sehingga dapat membuatmu terhindar dari overthinking dan burnout.

Menikmati Hidup

Mengurangi Stressor

Sangat penting untuk kita memahami jika kita merasa stres dan overthinking cobalah untuk menenangkannya. Sesimple dengan beristirahat sejenak setidaknya berikan waktu untuk dirimu dua jam sampai tiga jam sehari untuk merelaksasikan otak. Kamu tidak perlu untuk bekerja setiap waktu dan berpikir setiap waktu. Intinya kesehatan mental mu lebih penting daripada stres.

Menikmati Aktivitas yang Kamu Suka

Orang-orang pasti memiliki kegemaran dan hobinya masing-masing. Biasa kegemaran tersebut dapat mengurangi rasa stres yang mereka rasakan. Mulai memikirkan apa yang kamu rasa dapat membuatmu makin senang. Contohnya jika kamu menyukai menari maka coba mengikuti kelas nari atau nari sendiri di rumah. Kalau misalnya kamu bisa pergi gym atau jogging dengan menikmati pemandangan yang indah. Beberapa hobi yang bisa kamu lakukan di rumah seperti melukis, memasak, mendengarkan lagu, menonton film, dan lain-lain.

Misalnya kamu telah mengikuti lima cara sederhana ini tetapi kamu tetap merasakan stres yang berlebihan, disarankan untuk menghubungi Terapis kamu. Jika kamu belum menemukan Terapis kamu bisa mengunjungi  Stress Management Indonesia Melalui Instagram resminya (@stressmanagementindonesia). 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading