Sukses

Health

4 Cara Mengganti Gula yang Aman untuk Diabetes dan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Konsumsi gula dengan bijak adalah langkah penting dalam menjaga kolesterol dalam batas normal dan mendukung kesehatan jantung. Apalagi jika Sahabat Fimela memiliki kolesterol tinggi dan risiko diabetes. Konsumsi gula yang tinggi, terutama dalam bentuk fruktosa, dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.

Ada baiknya, gula dikonsumsi tidak lebih dari 100 kalori (sekitar 25 gram atau 6 sendok teh) gula tambahan per hari untuk perempuan. Sedangkan untuk laki-laki, tidak lebih dari 150 kalori (sekitar 37,5 gram atau 9 sendok teh). Gula tambahan ini bisa berasal dari sukrosa (gula meja) dan fruktosa (gula buah).

Tak perlu khawatir saat ingin mengonsumsi makanan atau minuman manis. Jika ingin menambahkan gula ke minuman atau makanan, pertimbangkan untuk menggunakan pilihan gula yang lebih sehat. Berikut cara mengganti gula yang aman untuk diabetes dan kolesterol:

Cara Mengganti Gula

1. Buah Segar

Buah segar adalah alternatif manis yang sehat untuk makanan penutup atau camilan. Buah mengandung gula alami, serat, dan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Sahabat Fimela tetap bisa mengonsumsi makanan manis dari buah.

2. Yogurt Tanpa Gula

Yogurt tanpa gula adalah alternatif yang baik untuk yogurt manis yang mengandung gula tambahan. Yogurt dapat ditambahkan  pada buah segar atau madu sebagai pemanis alami.

Cara Mengganti Gula

3. Cokelat Hitam

Jika menginginkan makanan penutup, cokelat hitam dengan kadar kakao tinggi adalah pilihan yang lebih rendah gula dibandingkan cokelat susu. Cokelat hitam dianggap bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dengan baik. Cokelat hitam juga baik dikonsumsi pemilik diabetes.

4. Teh Herbal

Teh herbal seperti peppermint, chamomile, atau green tea memiliki rasa yang alami tanpa tambahan gula. Minuman ini mampu menurunkan kadar kolesterol dengan cepat. Seseorang yang menjalankan program diet, sering mengonsumsi teh herbal ini.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading