Sukses

Health

Cek 4 Bahaya Minum Susu Kemasan untuk Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Susu adalah salah satu minuman yang umumnya dianggap sehat dan bergizi. Sering kali kita menemukan produk susu kemasan, yang dijual di toko. Namun, sebaikya hati-hati saat membeli produk susu kemasan.

Susu memiliki sumber protein berkualitas tinggi, kalsium, dan vitamin D yang penting untuk kesehatan. Susu kemasan adalah produk susu yang telah diolah dan dikemas dalam kemasan botol, kaleng, atau karton. Produk ini meliputi susu murni, susu rendah lemak, susu bebas lemak, susu diperkaya, dan berbagai varian rasa.

Susu kemasan memiliki dampak yang kurang baik untuk kesehatan. Apalagi jika Sahabat Fimela memiliki kolesterol yang tinggi di dalam tubuh, yang berisiko terkena penyakit jantung. Simak bahayanya mengonsumsi susu kemasan berikut ini:

Bahaya Minum Susu Kemasan

1. Bahaya Lemak Jenuh

Salah satu bahaya utama yang terkait dengan susu kemasan adalah tingginya kandungan lemak jenuh. Lemak jenuh adalah jenis lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Kolesterol LDL yang tinggi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Susu murni mengandung sejumlah lemak jenuh, terutama dalam produk susu berlemak penuh. Namun, susu kemasan yang sering dijual di pasaran juga dapat mengandung lemak tambahan yang diperoleh dari pemrosesan. Beberapa produk susu rendah lemak atau susu bebas lemak seringkali mengganti lemak alami dengan gula atau pemanis buatan untuk meningkatkan rasa, yang dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan jantung.

2. Mengandung Gula Tertambah

Selain lemak jenuh, gula tambahan adalah faktor risiko lain dalam susu kemasan yang dapat berdampak pada kolesterol dan kesehatan secara keseluruhan. Banyak produk susu kemasan, terutama yang memiliki rasa, mengandung sejumlah besar gula tambahan. Konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas, peningkatan kadar trigliserida, dan resistensi insulin.

Gula tambahan dalam susu kemasan dapat memengaruhi kadar trigliserida dalam darah, yang juga merupakan faktor risiko penyakit jantung. Trigliserida adalah jenis lemak yang ditemukan dalam darah dan dapat meningkatkan risiko penyumbatan arteri.

Bahaya Minum Susu Kemasan

3. Kandungan Kalori Tinggi

Kandungan kalori dalam susu kemasan juga perlu diperhatikan. Produk susu rendah lemak atau susu bebas lemak sering kali mengandung lebih sedikit kalori daripada susu berlemak penuh, tetapi sejumlah besar kalori tetap ada dalam beberapa varian susu kemasan.

Mengonsumsi terlalu banyak kalori dibandingkan dengan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

4. Rasa Buatan dan Bahan Tambahan

Beberapa susu kemasan mengandung pemanis buatan, pengawet, pewarna, dan bahan tambahan lainnya. Meskipun bahan-bahan ini seringkali dianggap aman, konsumsi jangka panjang dari bahan tambahan seperti ini dapat memiliki dampak yang belum sepenuhnya dipahami pada kesehatan manusia.

Selain itu, rasa buatan dan pemanis tambahan dapat menyebabkan kita lebih cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang sebenarnya kita butuhkan. Hal ni dapat berdampak pada berat badan dan kesehatan kolesterol.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading