Sukses

Health

Waspadai, 3 Jenis Buah yang Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol Jahat

Fimela.com, Jakarta Kolesterol adalah zat lemak yang secara alami diproduksi oleh tubuh dan juga dapat ditemukan dalam berbagai jenis makanan. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hormon dan membentuk dinding sel yang sehat. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menjadi masalah yang serius. Kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kadar kolesterol dalam batas normal. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi makanan yang rendah kolesterol. Namun, tidak semua buah-buahan cocok untuk dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki masalah kolesterol tinggi.

Sebenarnya, ada beberapa buah yang mengandung kolesterol tinggi, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi, hati-hati saat memilih buah yang akan dikonsumsi. Berikut buah-buahan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol:

Jenis Buah yang Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol Jahat

1. Alpukat

Meskipun alpukat dikenal sebagai sumber lemak baik, namun buah ini mengandung kolesterol tinggi. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, namun juga mengandung kolesterol jahat. Jadi, bagi yang memiliki masalah kolesterol tinggi, sebaiknya menghindari mengonsumsi alpukat secara berlebihan.

2. Buah Kelapa

Selain itu, buah kelapa juga memiliki kolesterol tinggi. Kelapa mengandung lemak jenuh yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kelapa biasanya dikonsumsi sebagai bahan masakan, seperti santan. Buah kelapa harus diwaspadai, karena kandungannya kurang baik untuk kolesterol dan kesehatan jantung.

3. Durian

Buah durian juga termasuk dalam daftar buah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Durian kaya akan lemak tak jenuh dan serat larut yang baik untuk tubuh. Namun, buah ini juga memiliki kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Jenis Buah yang Ampuh Turunkan Kolesterol

1. Apel

Apel mengandung serat larut yang tinggi, yaitu pektin. Serat ini dapat membantu mengikat kolesterol jahat dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui BAB. Konsumsi buah apel setiap hari dan konsisten.

2. Pir

Buah pir juga mengandung serat larut yang tinggi dan sering kali disarankan untuk mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Selain itu, pir juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Buah pir bisa dikonsumsi secara langsung atau dijadikan salad.

3. Jeruk

Jeruk, terutama yang berwarna merah atau ungu, mengandung flavonoid yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jeruk juga kaya akan vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Jeruk bisa mempercepat penurunan lemak, sehingga bisa mengatasi obesitas penyebab kolesterol tinggi.

4. Stroberi

Stroberi kaya akan antioksidan dan serat larut yang baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi stroberi secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Stroberi juga kaya akan vitamin C, yang dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit.

5. Pisang

Pisang mengandung serat larut yang tinggi dan juga kalium. Serat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, sedangkan kalium dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil. Pisang juga bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading