Sukses

Health

5 Tanda Penyebab Asam Urat dan Ketahui Gejalanya

Fimela.com, Jakarta Asam urat merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun, baik tua, muda, pria maupun perempuan. Penyakit asam urat biasanya dapat menyebabkan gejala nyeri dan pembekakkan. Asam urat sebenarnya dihasilkan tubuh untuk mengurai zat purin dalam makanan. Namun, dalam keadaan normal asam urat tidak dibutuhkan dan langsung dibuang tubuh melalui urine dan feses.

Zat purin biasa terkandung dalam makanan, yaitu makanan laut, daging, serta makanan yang mengandung protein dan lemak. Seperti yang kita tahu, bahwa asam urat menyerang daerah persendian, seperti lutut, pergelangan kaki, jari-jari kaki, maupun jari-jari tangan.

Beberapa orang menyepelekan gejala tersebut, namun jika menerapkan gaya hidup sehat. Tak perlu khawatir untuk mengalami masalah nyeri. Yang perlu diwaspadai ketika nyeri datang saat mengonsumsi minuman tinggi gula atau beralkhohol. Untuk mengetahui terjadinya asam urat, berikut tanda penyebab asam urat dan gejalanya.

1. Mengonsumsi Obat-Obatan tertentu

Beberapa obat-obatan tertentu dapat menjadi penyebab mengalami sakit asam urat, salah satunya diuretic dan beberapa obat lainnya yang biasa digunakan untuk mengobati hipertensi. Selain itu jika mengonsumsi obat diuretic dalam jangka panjang dapat membuat kadar asam dalam tubuh semakin tinggi.

Karena jenis obat seperti ini daoat membuat kita lebih sering membuang air dan berdampak kepada cairan dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan juga dapat menghambat proses pembuangan asam urat oleh ginjal. Kondisi tersebut adalah awal dari penyebab asam urat.

2. Bertambah Usia dan Jenis Kelamin Pria

Terkadang asam urat sering terjadi pada pria daripada perempuan. Karena perempuan memiliki kadar asam urat yang lebih rendah daripada pria. Namun hal ini juga diperhatikan jika, seorang perempuan sudah melalui menopause, kadar asam urat akan meningkat dan setara dengan pria. Penyakit asam urat biasanya menyerang pria saat beranjak usia 30-50 tahun, sedangkan wanita untuk mengalami asam urat setelah melalui masa menopause.

3. Riwayat keluarga

Biasanya, asam urat juga terjadi karena adanya faktor riwayat keluarga atau gen keluarga yang membuat ginjal tidak mengeluarkan zat asam urat.Hal ini juga dapat menjadi penyebab asam urat, terutama dalam anggota keluarga.

4. Mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki tinggi purin

Selain itu penyebab asam urat yang tinggi berasal dari makanan atau minuman yang tinggi purin. Dalam tubuh kita sudah terdapat purin alami, apabila mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi purin semakin menambah kadar purin dalam tubuh. Perlu diperhatikan bahwa semakin banyak purin didalam tubuh akan semakin banyak zat asam urat yang akan terbentuk, sehingga dapat menumpuk di persendian. Berikut beberapa makanan dan minuman yang menjadi penyebab asam urat :

  • Alkohol
  • Minuman dan makananan mengandung pemanis
  • Sayuran yang mengandung purin tinggi (bayam dan asparagus)
  • Jeroan
  • Seafood (tuna, sarden, tei dan kerang)
  • Daging merah

5. Jarang Berolahraga

Berolahraga dapat membuat kita terhindar dari asam urat, karena ketika berolahraga tubuh kita akan reflex mengikuti pergerakan dan melakukan aktivitas. Namun jika jarang berolahraga dapat membuat terjadinya penyebab asam urat. Olahraga dapat mencegah kenaikan berat badan dan membuat jantung memompa aliran darah serta dapat melancarkan penyaringan asam urat. Jika kita rajin olahraga juga dapat melatih persendian tubuh agar tidak kaku dan sakit, tentu hal ini dapat membuat kita terhindar dari penyebab asam urat.

Nah, di atas adalah beberapa penyebab dari terjadinya asam urat. Selain itu kita akan membahas apa saja gejala asam urat yang sering disepelekan.

  1. Sendi mendadak yang terasa sangat sakit
  2. Nyeri yang berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, dan rasa panas.
  3. Kesulitan berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya malam hari.
  4. Walau gejala mereda dan bengkak yang mengempis, namun kulit di sekitar sendi akan bersisik dan terkelupas.
  5. Meskipun gejala penyakit ini mereda dengan sendirinya, harus dilakukan pengobatan.

Perlu diperhatikan bahwa gaya hidup sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena dapat membuat kita terhindar dari penyakit-penyakit. Penyebab asam urat tidak hanya terjadi pada orang tua, namun muda dan usia dewasa juga dapat terjadi asam urat. Sebaiknya mulai gaya hidup sehat dengan berolahraga, agar terindar dari penyebab asam urat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading