Sukses

Health

7 Penyebab Mulut Bau yang Sering Diabaikan

Fimela.com, Jakarta Mulut bau bisa menyebabkan rasa kepercayaan diri seseorang menurun, dan membuat lingkungan sekitar menjadi tidak nyaman. Mulut bau ini bisa dialami semua orang, baik anak-anak maupun orang yang sudah dewasa.

Mulut bau tidak sedap sering disebut dengan halitosis, dan disebabkan oleh berbagai macam faktor. Faktor penyebab mulut bau yang paling utama adalah karena adanya penumpukan kuman dan bakteri di dalam mulut, dan mengonsumsi makanan yang menyebabkan bau.

Penyebab mulut bau ini sering kali diabaikan oleh orang-orang. Padahal mulut bau ini bisa jadi gejala suatu penyakit tertentu. Berikut penyebab mulut bau dan cara mengatasinya, dilansir dari Liputan6.com:

Penyebab Mulut Bau

1. Mulut Kering

Penyebab mulut bau yang pertama yaitu karena kondisi mulut kering dan tubuh mengalami dehidrasi. Kondisi ini menyebabkan produksi air liur atau saliva berkurang untuk membersihkan mulut. Sehingga kuman dan bakteri mudah sekali berkembang biak di mulut. Kondisi mulut kering ini bisa terjadi karena tubuh dehidrasi atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.

2. Tidur dengan Kondisi Mulut Terbuka

Tidur dengan kondisi mulut terbuka bisa menyebabkan mulut bau tidak sebab. Karena tidur dengan mulut terbuka membuat mulut menjadi kering. Kondisi ini bisa membuat sesorang mendengkur dan bernapas dengan mulut.

3. Radang Gusi

Ketika gusi mengalami peradangan dan sering berdarah, maka mulut akan mengeluarkan bau tidak sedap. Hal ini disebabkan karena adanya penumpukan bakteri dan kuman yang berkembang biak, lalu menyebabkan infeksi gusi dan mengeluarkan bau tidak sedap.

4. Diabetes

Penyebab mulut bau yang selanjutnya yaitu karena penyakit diabetes. Kondisi ini menyebabkan ketoasidosis, yang berlanjut meningkatkan produksi metabolisme lemak, dan akan dikeluarkan melalui urin dan paru-paru. Sehingga memicu mulut bau tidak sedap.

Penyebab Mulut Bau

5. Penyakit Liver

Penyebab mulut bau yang selanjutnya adalah karena memiliki riwayat penyakit liver atau hati. Liver merupakan organ vital, yang berfungsi untuk mengolah racun di dalam tubuh. Saat organ ini tidak berfungsi dengan baik, maka racun akan menyebar ke tubuh dan mengeluarkan gas, yang dikeluarkan dari mulut dan pernapasan, sehingga mulut dan napas menjadi bau.

6. Refluks Asam Lambung Kronis

Kalau kamu memiliki asam lambung, maka kondisi medis ini bisa menyebabkan mulut bau tidak sedap. Karena asam lambung akan naik ke kerongkonan melalui tenggorokan, dan akan menimbulkan masalah mulut bau tidak sedap.

7. Radang Tenggorokan

Penyebab mulut bau yang terakhir adalah karena radang tenggorokan. Saat mengalami peradangan pada tenggorokan, maka mulut menjadi kering, batuk kering, dan saluran pernapasan terganggu. Radang tenggorokan terjadi karena infeksi bakteri di dalam tubuh.

Cara Mengatasi Mulut Bau

Tak perlu khawatir jika kamu memiliki mulut bau tidak sedap. Karena mulut bau ini bisa diatasi dengan rutin menggosok gigi di pagi dan malam hari, atau setelah mengonsumsi makanan penyebab bau.

Kamu juga bisa rutin mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari, atau setara dengan 8 gelas air, agar tubuh dan mulut tidak mengalami dehidrasi. Jangan lupa untuk menghindari minuman yang mengandung gula tambahan dan kafein, karena bisa meningkatkan risiko mulut bau.

Selain itu, berkumurlah menggunakan obat kumur atau air garam, yang bisa membunuh bakteri atau kuman di dalam mulut. Kalau mulut bau tidak sedap terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter untuk menangani kondisi kesehatanmu

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading