Sukses

Health

9 Penyebab Badan Lemas yang Paling Umum, Jangan Dianggap Sepele

Fimela.com, Jakarta Badan merasa lemas tak bertenaga, sering mengantuk, gemetaran hingga badan terasa lesu adalah kondisi tubuh yang bisa dialami oleh siapapun. Terlebih saat tubuh berada dalam kondisi kurang baik, entah karena penyakit fisik atau mental.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan badan menjadi lemas tak bertenaga. Ada yang disebabkan oleh masalah ringan, seperti kurang istirahat dan pemenuhan asupan gizi yang buruk, sampai ada yang disebabkan oleh masalah serius, seperti gangguan kesehatan asthenia.

Dalam beberapa kasus, kondisi badan lemas bisa dikaitkan dengan masalah otot tubuh yang kelelahan atau mengalami gangguan kesehatan lain. Jika kamu mengalaminya, pasti hal ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan ada kondisi di mana tubuh tidak bisa digerakkan sama sekali. 

Untuk itu menjadi penting bagi kamu mengetahui penyebab badan lemas yang paling umum agar kamu bisa segera mengatasinya. Berikut Fimela.com telah merangkum 9 penyebab badan lemas yang paling umum. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

 

Akibat Flu hingga Penyakit Tiroid

1. Flu

Flu merupakan penyakit ringan yang sering dan mudah menyerang banyak orang, bahkan pada bayi sekalipun. Kondisi tubuh penderita flu biasanya akan melemah, lemas dan tidak bertenaga. Hal ini wajar karena imunitas tubuh sedang melemah.

2. Anemia

Kekurangan sel darah merah atau anemia juga dapat menyebabkan badan lemas tak bertenaga, lesu, letih hingga gemetaran. Hal ini dikarenakan organ tubuh tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup dari aliran darah. Umumnya penderita anemia akan terlihat lebih pucat dan mudah merasa mengantuk lelah dan lesu.

3. Penyakit Tiroid

Ketidakseimbangan hormone tiroid juga dapat menyebabkan badan lemas tak bertenaga, menyerang sistem otot dan tulang. Penyakit tiroid lebih banyak terjadi pada perempuan dibanding laki-laki. Biasanya ditandai dengan bentuk kupu-kupu kecil di depan leher.

Efek Kurang Tidur hingga Kekurangan Asupan Gizi

4. Kurang Tidur

Menjaga kualitas tidur sangatlah penting demi mengistirahatkan organ-organ tubuh dan memulihkan tenaga. Pasalnya, abaila tubuh kurang tidur, maka organ-organ tubuh akan kelelahan. Tak heran kalau badan lemas tak bertenaga di siang hari bila istirahat di malam hari sangat kurang.

Sebaiknya hal ini tidak kamu anggap sepele karena kurangnya waktu tidur dan istirahat berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain. Masalah seperti insomnia, mudah terserang penyakit, dan penurunan daya ingat adalah beberapa di antaranya.

5. Depresi dan Gangguan Kepanikan

Kondisi tubuh yang lemas tidak selalu disebabkan oleh masalah pada fisik, sebab kesehatan mental juga ternyata amat berpengaruh. Kondisi mental yang terganggu, dapat berujung pada badan lemas dan tidak bertenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Kondisi ini bisa diatasi apabila masalah depresi atau gangguan kepanikan yang dialami bisa teratasi dengan baik.

6. Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjalan berbagai fungsi vital, seperti produksi darah merah dan menjaga kondisi saraf. Apabila tubuh mengalami kekurangan B12, fungsi vital tersebut akan terganggu dan menyebabkan badan lemas tak bertenaga.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12, bisa memperbanyak konsumsi makanan dari hewan, seperti susu, daging merah, telur atau ikan-ikanan.

Efek Samping Pengobatan hingga Masalah pada Otot

7. Efek Samping Pengobatan

Memang tidak semua pengobatan atau perawatan menyebabkan badan lemas tak bertenaga. Namun, hampir semua pengobatan akan membuat badan menjadi lemas, seperti konsumsi antibiotik yang terlalu sering hingga kemoterapi.

Efek samping pengobatan ini bisa berupa rasa lemas dan lesu terus menerus, hingga kaki dan tangan yang gemetaran seperti kedinginan. Apabila mengalami gejala ini setelah mengonsumsi obat tertentu, segera hubungi dokter untuk perawatan yang tepat.

8. Cedera Saraf atau Otot

Saraf dan otot merupakan jaringan penting dalam tubuh, memiliki fungsi vital untuk menggerakkan anggota tubuh lain. Apabila dua bagian penting ini mengalami cedera atau masalah, bukan tidak mungkin kalau badan akan lemas tak bertenaga dan gemetaran.

Ketika saraf atau otot mengalami cedera, badan tidak boleh banyak bergerak karena dapat mencederai anggota tubuh lain. Perlu penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah ini agar tidak menjadi masalah yang lebih serius.

9. Penyakit Otot

Sama seperti halnya cedera otot, penyakit otot dapat menyebabkan badan lemas tak bertenaga dan gemetaran, Penyakit otot sendiri ada banyak macam, seperti distrofi, Parkinson, fibromygia, tendinitis, dan masih banyak lagi. Penyakit-penyakit otot tersebut dapat mengganggu pergerakan otot dan membatasi badan bergerak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading