Sukses

Health

7 Penyebab Tangan Keriput yang Bikin Nggak Percaya Diri dan Cara Mengatasinya Mudah

Fimela.com, Jakarta Seiring bertambahnya waktu proses penuaan akan terjadi dalam diri kita seperti tangan keriput, hal ini tentu dapat terjadi oleh siapa saja, bahkah orang yang masih muda. Namun, penyebab utama remaja yang mengalaminya dikarenakan paparan sinar matahari berlebih.

Selain itu ketika kamu mandi atau berendam lama di dalam air biasanya akan membuat bagian jari-jari kamu menjadi keriput. Ujung pada jari kamu terkaang akan mengalami kerutan dan lipatan. Hal ini dikarenakan pembuluh darah yang menyempit di bawah permukaan kulit.

Ternyata air juga memiliki efek lain seperti pemangkasan yang terjadi karena kerusakan cairan atau saraf, selain itu juga menandakan kondisi medis yang mendasarinya. Untuk kamu yang penasaran berikut beberapa penyebab tangan keriput yang bikin nggak nyaman:

1. Usia

Seiring bertambahnya usia, kulit akan secara alami menjadi elastis dan lebih rapuh. Penurunan produksi minyak alami juga akan mengeringkan kulit kamu dan membuatnya menjadi lebih keriput. Lemak pada lapisan kulit ini akan lebih dalam berkurang dan menyebabkan kulit kendur dan kamu dapat melihat celah yang secara jelas.

2. Paparan Sinar Ultraviolet (UV)

Radiasi ultraviolet yang mempercepat proses penuaan alami dapat menyebabkan kerutana dini. Paparan sinar UV akan merusak jaringan ikat kulit kamu dan serat kolagen dan elastin, yang terletak pada bagian lapisan yang lebih dalam (dermis). Tanpa jaringan ikat yang mendukung, kulit kamu akan kehilangan kekuatan dan fleksibilitas.

3. Merokok

Merokok selain membahayakan untuk tubuh ternyata juga dapat mempercepat proses penuaan normal pada kulit, hal ini akan berkontribusi terhadap kerutan. Hal inilah yang memungkinkan efek merokok pada kolagen.

4. Ekspresi Wajah Berulang

Gerakan dan ekspresi wajah seperti menyempitkan mata atau tersenyum, juga akan menyebabkan garis-garis halus pada kerutan. Setiap kali kamu menggunakan otot wajah, maka akan mendapat lekukan terbentuk yang terdapat di bawah permukaan kulit. Selain itu seiring bertambahnya usia, maka kulit akan kehilangan kelenturannya dan tidak kembali ke tempatnya.

5. Dehidrasi

Ketika kamu tidak cukup minum air, maka kulit akan kehilangan sebagian elastisitasnya. Hal ini juga dapat mengakibatkan jari-jari pruney pada bahgian lain dari dalam tubuhmu. Orang dewasa harus minum delapan geas perhari terutama selama atau setelah berolahraga dan cuaca panas.

6. Kekurangan Vitamin B-12

Vitamin B-12 hanyalah salah satu vitamin yang dapat mencegah kamu mengembangkan pruney. Hal ini memiliki tanggung jawab untuk pembentukan darah, fungsi saraf, metabolism sel, dan produksi DNA. Kebanyakan orang yang tidak kekurangan vitamin ini karena dapat disimpan dalam tubuh selama beberapa tahun.

7. Limfedema

Pembengkakan di lengan dan kaki ini disebut sebagai limfedema. Beberapa kasus hanya ada satu anggota tubuh yang terpengaruh. Namun terkadang juga akan mengenai kedua lengan atau kedua kaki. Pembengkakan disebabkan oleh penyumbatan pada sistem limfatik, dan mengakibatkan pengangkatan atau kerusakan kelenjar getah bening.

Cara Mengatasi Tangan Keriput

  • Lindungi Kulit dari Sinar Matahari : batasi waktu kamu yang sering dihabiskan di bawah sinar matahari, terutama saat tengah hari, dan gunakan pankaian pelindung.
  • Gunakan Sunscreen : Produk sunscreen yang kamu jugakan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit kamu, pilihlah produk tabir surya yang memiliki spectrum luas agar menghalani sinar UVA dan UVB.
  • Moisturizer : kelembabpan kulit juga sangat penting ketika kamu memiliki jenis kulit kering. Biasanya kulit kering akan menyebabkan garis-garis halus dan kerutan dini.

Penyebab tangan keriput tanpa kita sadari dapat terjadi dengan mudah. Selain itu ada baiknya jika kamu menentukan jenis perawatan apa yang kamu butuhkan. Jangan lupa untuk selalu minum banyak air agar menyembuhkan dehidrasi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading