Sukses

Health

7 Penyebab Ngigau yang Sering Terjadi Saat Tidur

Fimela.com, Jakarta Saat tertidur terkadang kita tidak akan sadar ketika mengigau, hal ini terjadi ketika menyebutkan sesuatu atau nama orang yang tidak jelas saat tertidur. Mengigau atau tidur berbicara dikenal sebagai somniloquy atau ganggaun yang terjadi saat tertidur.

Mengigau juga akan terjadi oleh beberapa orang, gangguan ini akan menjadi tanda bahwa kamu mengalami gangguan fungsi otak dan sistem saraf. Tenang, hal ini bukanlah menjadi masalah yang serius meskipun terkadang akan mengganggu orang di sekitar kita.

Meskipun hal yang sangat wajar. Tetapi jika mengigau terlalu sering akan menjadi masalah yang serius pada fungsi otak kamu. Untuk itu simak berikut beberapa penyebab mengigau yang sering kamu alami:

 

1. Stress

Penyebab utama ngigau saat tertidur adalah stress secara emosional yang mungkin kamu alami, mendapat tekanan, atau cemas tentu akan membuat kamu teringat dengan masalah yang kamu hadapi. Kemungkinan lainnya ngigau akan terjadi pada orang yang mengalami depresi.

2. Kurang Tidur

Seringkali kita menyepelekan tidur malam yang berujung pada kurang tidur dan kurang semangat untuk menjalani aktivitas di pagi dan siang hari. Kebutuhan rata-rata manusia adalah sekitar 7 jam setaip hari, sedangkan bila kebutuhan tidak terpenuhi maka fungsi otak akan terganggu dan dapat memicu kualitas tidur kita termasuk mengigau.

3. Sakit atau Demam

Sakit atau demam, merupakan sebuah respon imun tubuh yang meningkat, terutama saat malam hari. Ketika di malam hari kita akan menjadi lebih fit saat mengalami demam atau sakit, hingga saat tertidur akan membuat kita mengigau.

4. Mengonsumsi Obat-Obatan

Yang kita tahu bahwa semua obat yang kita konsumsi tentu memiliki efek yang berbeda-beda Mengonsumsi salah satunya yaitu antidepresan, sedatif, atau kafein terkadang akan meningkatkan riisko seseorang untuk mengigau. Selain itu mengonsumsi alkohol berlebih juga ajab meningkatkan terjadinya mengigau di malam hari.

5. Genetik

Faktor genetik juga menjadi penyebab terjadinya ngigau, terkadang sifat ini diturunkan dari keluarga. Terkadang pada orang yang kembvar, mengigau saat tidur juga dapat terjadi pada keduanya. Selain mengigau juga akan terjadi saat menggertakan gigi.

6. REM Sleep Behavior Disorder

REM Sleep Behavior Disorder erupakan ganggaun tidur yang paling banyak terjadi, banyak orang yang akan mengalaminya dan dapat menimbulkan gejala seperti berteriak, memekik, menggeram, dan lainnya. Kondisi ini juga dapat terjadi pada anak-anak dan akan melakukan teriakan yang menakutkan.

7. Alkohol

Ternyata alkohol juga menjadi penyebab dari mengigau di malam hari. Ketika kita engonsumsi alkohol maka akan membuat stimulant dalam tubuh akan terjaga meskipun kita mengantuk atau tertidur. Alhasil akan menjadi kebiasaan jika kita mengonsumsinya dan dapat mengubah ritme sirkandian dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa penyebab ngigau yang terjadi saat tidur dan tidak kamu sadari. Jika kamu mengalai stress ada baiknya untuk berusaha terbuka dengan teman kamu apa yang kamu hadapi, agar mendapatkan sebuah solusi bersama. Selain itu kamu juga memperhatikan kesehatan tubuh dan apa yang kamu konsumsi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading