Sukses

Health

8 Penyebab Mata Berkedut yang Sering Terjadi dan Bikin Penasaran

Fimela.com, Jakarta Kedutan di kelopak mata atau myokymia merupakan kejang otot kelopak mata yang berulang dan tidak disengaja. Kedutan ini biasanya akan terjadi pada kelopak mata atas tetapi juga akan terjadi pada kelopak mata atas dan bawah.

Bagi kebanyakan orang, kejang ini ringan dan akan terasa seperti tarikan lembut pada kelopak mata. Selain itu banyak orang yang akan mengalami kejang yang cukup kuat dan memaksa kedua kelopak mata menutup sepenuhnya. Hal ini disebut sebagai Blepharospasm. Kejang ini akan terjadi setiap beberapa detik selama satu atau dua menit.

Terkadang kedutan pada mata tidak dapat diprediksi dan terkadang akan terjadi terus menerus selama beberapa hari. Kemungkinan kamu akan mengalami kedutan selama berminggu-minggu bahkan bulan kedutan ini mesikpun tidak berbahay tapi menganggu, berikut beberapa penyebab kedutan yang sering kamu alami:

1. Stress

Stress yang kita alami terkadang akan menyebabkan kedutan, ketika banyak pikiran dan beban yang kita rasakan terkadang akan membuat kita kepikiran dengan hal tersebut. kamu dapat melakukan aktivitas yang dapat mengurangi stress yang kamu alami.

2. Kelelahan

Perasaan kurang tidur, entah karena stress atau alasan alainnya juga akan memicu terjadinya kedutan di bagian mata. Kamu dapat engatur jadwal tidur kamu menjadi lebih baik lagi dan memiliki jadwal tidur yang lebih konsisten dari sebelumnya juga akan membantu kedutan di bagian mata.

3. Ketegangan Mata

Ketegangan mata teruta,a ketegangan mata karena terlalu lama menggunakan komputer, tablet, dan smartphone terkadang akan membuat mata berkedut. Hal ini dikarenakan mata kita tegang ketika melihat smartphone dan layar terus-menerus.

4. Kafein

Terlalu banyak kafein juga akan memicu mata berkedut. Cobalah untuk mengurangi kopi, teh, dan cobalah untuk beralih ke minuman yang ringan tanpa kafein. Setelah itu kamu dapat melihat hasilnya selama beberapa minggu maka kedutan akan hilang dengan sendirinya.

5. Alkohol

Jika kamu megalami mata berkedut setelah minum bir atu minuman keras. Ada baiknya untuk beristirahat dari beberapa minuman a=yang mengandung alkohol. Ternyata mengonsumsi alkohol akan menyebabkan kelopak mata berkedut.

6. Mata Kering

Banyak orang dewasa yang mengalami mata kering terutama setelah suia 50 tahun. Mata kering juga sangat umum terjadi oleh banyak orang yang sering berada di depan layar, mengonsumsi obat-obatan tertentu, memakai lensa kontak, dan mengonsumsi kafein atau alkohol.

Jika kamu memiliki kelopak mata yang berkedut dan mata terasa berpasir atau kering, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengembalikan kelembabpan ke permukaan mata yang bersisiko kedutan mata.

7. Masalah Nutrisi

Beberapa laporan menunjukkan bahwa kekeurangan elemen nutrisis tertentu, seperti magnesium, akan memicu kejang kelopak mata. Meskipun hal ini belum diketahui kejelasannya, maka akan memungkinkan menyebabkan mata berkedut. Jika kamu khawatir ada baiknya untuk mengetahui apa yang kamu konsumsi dan baik untuk kamu.

 

8. Alergi

Orang yang memiliki alergi mata biasanya akan mengalami gatal, bengkak, dan mata berair. Menggosok mata karena gejala alergi akan melepaskan histamine ke jaringan kelopak mata dan lapisan air di mata yang akan menyebabkan  mata berkedut.

Terkadang banyak jenis obat tetes mata yang dijual bebas dan diformulasikan untuk mengurangi gejala alergi yang dapat membantu, tetapi antihistamin dalam obat tetes ini akan menyebabkan mata kering.

Kedutan pada kelopak mata akan memiliki banyak penyebab. Kedutan yang berhubungan dengan stress, kurang tidur, dan faktor gaya hidup lainnya juga akan membuat kepikiran. Jika beberapa kondisi kesehatan yang mendasarinya merupakan penyebab mata kedutan, maka akan baiknya untuk mengobati kondisi ini dengan berkonsultasi dengan dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading