Sukses

Health

7 Makanan Penyebab Penyakit Liver yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Liver adalah organ vital yang ada di dalam tubuh manusia. Organ ini memiliki peran penting dalam proses pencernaan, yaitu berfungsi untuk mendetoksifikasi racun yang masuk ke dalam tubuh. Liver atau hati ini juga membantu produksi sel darah merah di dalam tubuh, dan menjaga sistem metabolisme.

Jika mengalami gangguan liver, maka akan sangat berbahaya untuk tubuh. Penyakit liver ini bisa dialami orang dewasa maupun anak-anak, dengan beberapa tahapan kerusakan jaringan hati. Tahapan pertama ditandai dengan peradangan pada sel-sel hati, sehingga jaringan hati akan membengkak. Pada tahapan kedua, bagian liver akan mengalami fibrosis yaitu jaringan hati yang rusak akan ditumbuhi jaringan parut untuk menyembuhkan luka, tetapi jaringan parut ini membuat liver tidak berfungsi dengan normal.

Kemudian di tahapan ketiga hati akan semakin rusak karena terjadi penumpukan jaringan parut pada hati, yang disebut dengan sirosis. Sehingga hati sudah tidak berfungsi baik dan penderitanya mengalami kondisi serius. Hingga tahapan keempat, penderitanya akan mengalami gagal hati dan tidak dapat disembuhkan, kecuali dengan transplantasi hati.

Penyakit liver ini bisa disebabkan karena berbagai macam faktor. Salah satu penyebab liver adalah mengonsumsi makanan yang kurang menyehat. Agar terhindar dari penyakit liver, berikut beberapa makanan penyebab penyakit liver yang harus dihindari:

Makanan Penyebab Penyakit Liver

1. Makanan Berlemak

Makanan penyebab penyakit liver yang pertama adalah makanan berlemak. Makanan berlemak memiliki kandungan lemak jenuh, yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, dan bisa merusak sel-sel hati. Liver akan mengalami peradangan selama bertahun-tahun, dan membentuk jaringan parut atau sirosis. Untuk itu hindari makanan berlemak seperti kentang goreng, junk food, atau fast food.

2. Makanan Manis

Makanan manis juga bisa menyebabkan penyakit liver. Karena makanan manis memiliki kandungan gula tambahan, yang menyebabkan tingginya kadar gula di dalam tubuh. Sebenarnya liver berfungsi untuk mengubah gula menjadi lemak. Tapi jika kandungan gula di dalam tubuh terlalu banyak, maka akan terjadi penumpukan lemak dan menyebabkan penyakit perlemakan hati atau non-alcoholic fatty liver disease.

3. Makanan yang Terlalu Asin

Makanan asin adalah makanan yang mengandung banyak garam. Pada umumnya, tubuh memerlukan garam untuk memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi garam bisa menyebabkan fibrosis, yang menyebabkan munculnya jaringan parut pada hati, di tahapan pertama penyakit liver.

Makanan Penyebab Penyakit Liver

4. Keripik

Keripik adalah makanan ringan yang sering dikonsumsi setiap hari. Walaupun rasanya enak dan gurih, tetapi kripik memiliki kandungan gula, garam dan lemak yang tinggi. Sehingga keripik bisa mengganggu fungsi hati. Sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi keripik, agar tidak memperberat kerja liver.

5. Daging Merah

Sebenarnya daging merah memiliki kandungan protein hewani yang diperlukan tubuh. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi daging merah, bisa menyebabkan penumpukan lemak jenuh dan kolesterol jahat di dalam tubuh, yang membuat liver bekerja dengan berat. Selain mengganggu sistem kerja liver, lemak jahat juga berdampak buruk pada sistem kerja ginjal dan otak.

Minuman Penyebab Penyakit Liver

6. Minuman Bersoda

Selain makanan, mengonsumsi minuman bersoda juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit hati. Karena minuman bersoda memiliki kandungan yang tinggi gula dan karbohidrat olahan. Terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda bisa menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh, yang menyebabkan obesitas dan merusak liver.

7. Minuman Beralkohol

Penyebab penyakit liver yang terakhir adalah minuman beralkohol. Pada dasarnya minuman beralkohol memang tidak baik untuk tubuh, karena bisa merusak sistem imunitas tubuh dan menyebabkan kerusakan otak. Di dalam alkohol juga mengandung banyak gula tambahan, yang menyebabkan penyakit alcoholic fatty liver disease.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading