Sukses

Health

5 Penyebab Telapak Tangan Berkeringat Belum Tentu Menjadi Masalah Serius

Fimela.com, Jakarta Berkeringat merupakan sebuah cara dari tubuh untuk mengatur suhu badan kita, tentu semua orang akan merasa berkeringat jika kepanasan atau kelelahan. Tapi pernahkah kamu merasakan telapak tangan yang berkeringat berlebihan? Beberapa orang mungkin merasakan hal ini.

Terkadang masalah ini tidak perlu kamu cemaskan jika tidak menimbulkan gejala yang cukup serius, tapi dapat berdampak menjadi masalah yang serius jika kamu terus-terusan mengalaminya. Jika kamu merasakan berkeringat pada area tubuh lain bisa menjadi tanda bahwa kamu mengalami hiperhidrosis

Kondisi ini biasanya akan ditandai dengan berkeringat yang lebih banyak dari biasanya dengan alasan yang tidak jelas, telapak tangan yang berkeringat tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Untuk itu kamu perlu tahu pengertian, penyebab telapak tangan berkeringat di bawah ini:

1. Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah (glukosa), biasanya penyakit ini akan berlangsung dengan waktu yang cukup lama. Ternyata seseorang yang menderita diabetes dapat mengalami telapak tangan yang berkeringat, hal ini terjadi karena adanya gangguan saraf yang mengatur fungsi kelenjar keringat. Selain itu jika gula darah turun drastis akibat dari efek samping obat-obatan yang mungkin kamu konsumsi, terkadang tubuh akan mengeluarkan keringat dingin. 

2. Menopause

Seiring bertambahnya usia, bagian tubuh kita akan mengalami perubahan yang cukup drastis. Hal ini biasanya akan terjadi pada bagian kepala hingga kaki, termasuk telapak tangan. Beberapa orang yang memasuki masa menopause, akan mengalami perubahan seperti telapak tangan yang berkeringat.

3. Tiroid

Seseorang yang mengalami tiroid atau kelebihan hormon, dimana kelenjar tiroid dalam tubuh akan memproduksi hormon lebih banyak dari biasanya. Hal inilah yang terkadang akan membuat seseorang mengalami telapak tangan berkeringat, tapi jika kamu sudah memeriksa ke dokter dan mendapatkan yang normal maka hal ini akan jarang terjadi.

4. Serangan Jantung

Keringat berlebih yang dikeluarkan pada telapak tangan biasanya disebut sebagai hiperhidrosis, hal ini biasanya dapat disebabkan oleh kelenjar-kelenjar keringat yang terlalu aktif. Seseorang yang mengalami serangan jantung, mungkin akan mengalami tangan yang berkeringat dan terkadang akan lebih parah.

5. Serangan Panik

Ketika kamu sedang berada di depan umum tentu akan mengalami "panic attack" atau kepanikan yang berlebihan dari biasanya, mungkin hal ini dapat dikarenakan kamu kurang memiliki rasa percaya diri atau tidak biasa berada di depan umum. Seseorang yang mengalami panik tentu akan merasa berkeringat dari biasanya, selain akan menyerang telapak tangan menjadi berkeringat dan dingin.

Penyebab dari telapak tangan berkeringat terkadang bukan menjadi masalah yang cukup serius, meskipun beberapa diantaranya dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang kamu alami. Tapi kamu tak perlu khawatir, jika mengalami hal lainnya dapat mengunjungi dokter untuk pengobatan lebih lanjut. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading