Sukses

Health

8 Cara Mengatasi Pilek dengan Mudah secara Natural

Fimela.com, Jakarta Saat menderita pilek, gejala lain sering kali dirasakan seperti kelelahan, sulit konsentrasi, pusing, hingga sulit tidur. Keluhan tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Dilansir dari healthline.com, pilek ditandai dengan hidung yang terus menerus mengeluarkan lendir atau ingus. Kondisi tersebut disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan.

Sebenarnya, pilek dapat berangsur-angsur sembuh dengan sendirinya selama sekitar satu sampai dua minggu ketika sistem imun tubuh kuat. Akan tetapi, gejala-gejala yang menyertai pilek seperti yang telah disebutkan tadi terasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas. Sehingga penderita pilek berharap bisa cepat sembuh agar kembali beraktivitas normal.

Belum ada obat yang bisa menyembuhkan pilek secara langsung. Istirahat, minum cairan, dan obat-obatan dapat membantu meredakan gejala atau memperpendek durasi dari gejala pilek yang dirasakan. Pengobatan lain, seperti vitamin C, zinc, dan minuman probiotik, juga dapat membantu meringankan gejala lebih awal. Dilansir dari webmd.com, berikut beberapa tips mengatasi pilek dengan mudah:

1. Buang lendir

Membuang ingus atau lendir hidung secara teratur saat pilek mampu membantu membuang kotoran dan membuat hidung lebih lega, dibandingkan menyedot kembali lendir ke kepala. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah membuang ingus.

2. Banyak istirahat

Beristirahat saat terserang pilek membantu tubuh untuk mengarahkan energinya dalam melawan virus dan kembali meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Berkumur

Berkumur dapat melembapkan tenggorokan yang sakit dan mengurangi peradangan. Cobalah satu sendok teh garam yang dilarutkan dalam air hangat, lakukan sebanyak empat kali sehari.

4. Minum air hangat

Cairan hangat membantu meredakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan beberapa daun teh, dapat membantu menenangkan selaput meradang yang melapisi hidung dan tenggorokan. Menambahkan madu juga bisa menenangkan saluran napas dan memiliki sifat antivirus dan antibakteri.

5. Mandi air beruap

Mandi air hangat melembapkan saluran hidung dan membuat tubuh lebih rileks. Jika merasa pusing akibat pilek, mandilah dengan air hangat mampu meredakan sakit kepala dan membuat tubuh terasa lebih nyaman.

6. Pasang pelembab udara

Uap yang dihasilkan dari pelembab udara atau himidifier dapat melonggarkan sistem pernapasan sehingga memudahkan napas dan mengencerkan lendir.

7. Cuci hidung

Mencuci hidung dengan menggunakan larutan garam mampu membantu membersihkan hidung sehingga lendir cepat keluar dan napas menjadi lebih lancar.

8. Minum probiotik

Minuman probiotik seperti yoghurt mengandung Lactobacillus atau bakteri baik yang memberikan perlindungan atau kekebalan imun untuk melawan virus, sehingga pilek dapat sembuh lebih cepat.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesNovember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading