Sukses

Health

Dorong Transformasi Kesehatan, Akses Vaksinasi Makin Mudah dengan Platfrom Digital di Hari Kesehatan Nasional

Fimela.com, Jakarta Pandemi COVID-19 menjadi salah satu momen yang membuka mata masyarakat Indonesia akan pentingnya vaksinasi. Terbukti dengan dilakukannya vaksinasi bisa memberikan perlindungan terhadap penyakit.

Sejalan dengan tema Hari Kesehatan Nasional Ke-59 2023 yaitu “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju” diperlukan suatu inovasi untuk mendukung upaya peningkatan kesehatan masyarakat Indonesia, yang salah satunya diharapkan dapat diakomodasi melalui platform digital “Ayo Kita Vaksin”.

Kampanye yang diusung perusahaan biofarmasi PT Glaxo Wellcome Indonesia (GSK) mengajak masyarakat untuk lebih memahami pentingnya vaksinasi lewat kampanye "Ayo Kita Vaksin" di Car Free Day yang berlokasi di depan Menara BCA Kawasan Thamrin pada Minggu 12 November 2023.

“Vaksinasi telah terbukti menjadi salah satu intervensi kesehatan terbesar karena telah menyelamatkan jutaan nyawa. Dengan tingginya angka kelahiran, bonus demografi, dan populasi menua di Indonesia kedepannya, peningkatan pemahaman masyarakat mengenai manfaat vaksinasi diperlukan untuk mencapai kesehatan masyarakat yang lebih baik. Platform edukasi digital “Ayo Kita Vaksin” diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi untuk segala rentang usia," ungkap President Director & General Manager GSK Indonesia, Manish Munot.

 

Edukasi secara digital

Edukasi melalui platform digital berbasis media sosial menjadi pilihan karena penggunanya di Indonesia terbilang tinggi. Setidaknya 60,4 persen dari populasi masyarakat Indonesia merupakan pengguna aktif media sosial sehingga edukasi melalui platform digital memiliki cakupan yang lebih luas dan tingkat efektivitas yang lebih tinggi.

Terlebih, vaksinasi menjadi penting untuk pencegahan penyakit pada anak-anak dan orang dewasa. Untuk itu, edukasi kesehatan yang dilakukan harus memenuhi unsur keberlanjutan atau terus menerus, bersifat simultan, dan merata bagi seluruh lapisan masyarakat.

 

Vaksin untuk cegah beberapa penyakit

“Selama beberapa tahun terakhir, persepsi masyarakat terhadap peran vaksin dalam melindungi diri dari beban penyakit yang dapat berdampak serius pada kesehatan telah berubah. Penting dipahami bahwa vaksinasi tidak hanya diperlukan bagi bayi dan anak-anak, namun juga untuk orang dewasa agar terlindung dari berbagai penyakit dan tidak mengganggu produktivitas," kata dr. Deliana Permatasari, M.M, Medical Director Vaccines GSK Indonesia.

Saat ini, telah tersedia vaksin untuk mencegah lebih dari 20 penyakit yang mengancam nyawa dan membantu individu dari segala usia untuk hidup lebih lama dan sehat. Imunisasi saat ini dapat mencegah 3.5-5 juta kematian setiap tahun akibat penyakit seperti difteri, tetanus, pertusis, influenza, hepatitis A&B, dan pneumonia. Untuk itu, leberadaan platform “Ayo Kita Vaksin” diharapkan dapat berkontribusi dalam membangunkesadaran akan pentingnya vaksin untuk memerangi penyakit infeksi akibat virus yang dapat menyerang segala usia.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading