Sukses

Health

5 Bahaya Kurang Minum Air bagi Kesehatan Fisik dan Psikis

Fimela.com, Jakarta Air adalah elemen penting bagi kesehatan tubuh manusia. Kurang minum air atau dehidrasi bisa memiliki dampak yang signifikan, baik secara fisik maupun psikologis. Dalam sehari, nornalnya seseorang membutuhkan sedikitnya 8 gelas air putih. Asupan air putih yang cukup bisa membantu seseorang lebih sehat, bersemangat dan berenergi. Ini juga membuatnya lebih fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. 

Sementara itu Sahabat Fimela, kurang asupan air putih bisa memiliki dampak yang luar biasa berbahaya bagi kesehatan. Mengutip dari laman healthline.com, inilah sedikitnya lima bahaya dari kekurangan asupan air putih bagi fisik pun psikismu.

Gangguan Fisik

Bahaya pertama dari kekurangan air putih adalah meningkatnya risiko gangguan fisik. Kurang minum air bisa menyebabkan dehidrasi yang mengakibatkan masalah seperti sakit kepala, kelelahan, konstipasi, serta penurunan konsentrasi dan daya ingat. Ini juga memungkinkan tubuh lebih mudah terserang berbagai masalah kesehatan karena menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Memperburuk Suasana Hati, Meningkatkan Risiko Stres

Siapa sangka kurang minum air putih atau dehidrasi bisa mempengaruhi fungsi kognitif seseorang? Tapi itulah kenyataannya. Studi menemukan jika kekurangan air putih bisa menurunkan kemampuan berpikir, bikin tidak fokus, dan menurunkan konsentrasi. Ini bahkan bisa memengaruhi suasana hati dan meningkatkan risiko stres serta kecemasan.

Menyebabkan Gangguan Metabolisme

Kekurangan cairan dalam tubuh akan memengaruhi fungsi metabolisme, termasuk pengaturan suhu tubuh. Dehidrasi kronis bahkan dipercaya meningkatkan risiko penyakit jantung akibat gangguan metabolisme tubuh sebelumnya. Ini juga memungkinkan seseorang mengalami masalah kesehatan yang cukup serius seperti risiko stroke, masalah ginjal dan sejenisnya.

Gangguan pada Kulit dan Sistem Pencernaan

Kekurangan air bisa menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, serta meningkatkan risiko gangguan pencernaan seperti sembelit. Ini bahkan bisa membuatmu tampak menua lebih cepat dari usia aslinya. Kekurangan air putih dipercaya meningkatkan risiko penuaan dini dan membuat kulit tampak kusut, kering serta kusam.

Meningkatkan Risiko Komplikasi Kesehatan yang Lebih Serius

Dehidrasi yang parah bisa mengakibatkan komplikasi kesehatan serius seperti gagal ginjal, infeksi saluran kemih, serta masalah pada sistem saraf dan organ vital lainnya. Ini bahkan bisa meningkatkan risiko kematian.

Itulah sekian bahaya dari kekurangan konsumsi air putih bagi kesehatan fisik pun psikis. Jadi, penting untuk menjaga asupan cairan yang cukup setiap harinya. Minumlah air secara teratur sesuai dengan kebutuhan tubuh dan perhatikan tanda-tanda dehidrasi agar bisa menghindari dampak negatifnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading