Sukses

Health

5 Bahaya Kekurangan Asupan Air Putih, Salah Satunya Kelelahan

Fimela.com, Jakarta Sering merasa lelah meski sudah memiliki istirahat cukup? Jangan-jangan kamu kekurangan asupan air putih Sahabat Fimela. Studi menemukan jika kekurangan asupan air putih, bisa menyebabkan berbagai bahaya. Salah satu bahayanya adalah kelelahan hebat meski sudah istirahat cukup dan tak banyak beraktivitas. 

Mengutip dari laman yankes.kemkes.go.id, air sangat penting bagi tubuh. Air membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan melancarkan sistem pencernaan. Kadar mineral dalam air, bermanfaat menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Penelitian menemukan jika ⅔ atau sekitar 65 persen tubuh manusia, mengandung air di dalamnya. Kekurangan air dalam tubuh, bisa memicu beragam masalah. Adapun masalah tersebut antara lain adalah:

Mulut Kering

Bahaya pertama dari kekurangan air adalah, mulut jadi lebih kering. Tak hanya itu saja, mulut juga terasa pahit, asam hingga tidak nyaman. Kekurangan air dalam tubuh bisa membuat mulut juga rentan bau tak sedap. Bibir pun rentan kering, pecah-pecah dan tidak sehat. 

Sembelit

Kekurangan air putih bisa meningkatkan risiko sembelit. Air sejatinya bermanfaat melancarkan sistem pencernaan. Jika kamu kekurangan air, sistem pencernaan jadi tidak lancar. Feses bisa terjebak di sistem pencernaan dan menyebabkan sembelit.

Gagal Fokus

Studi menemukan jika kekurangan asupan air putih juga bisa bikin seseorang gagal fokus. Kurangnya cairan dalam organ tubuh, rentan membuat otak kurang konsentrasi. Ini juga rentan membuat seseorang merasa lemas, malas dan tidak semangat dalam berpikir.

Kelelahan

Kurangnya asupan air putih dalam tubuh, bisa membuat seseorang merasa kelalahan. Meski sudah memiliki waktu istirahat cukup, tubuh akan terasa sangat lelah. Tak hanya itu, kekurangan air putih bisa bikin tubuh terasa pegal-pegal, nyeri dan punggung linu.

Kulit Kering

Ketika tubuh kekurangan cairan, ini membuat produksi keringat akan menurun. Akibatnya, kulit jadi lebih kering. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, ini rentan membuatmu memiliki kulit yang tak sehat, mudah berjerawat dan berkomedo. 

Itulah sekian bahaya dari kekurangan asupan air putih. Yuk Sahabat Fimela, pastikan untuk minum air putih cukup setiap harinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading