Sukses

Health

5 Manfaat Infused Water untuk Kesehatan Tubuh, Segar dan Berkhasiat!

Fimela.com, Jakarta Meminum infused water akan terasa begitu menyegarkan, apalagi di siang hari saat cuaca sedang panas-panasnya. Berisi buah-buahan yang memanjakan mata, minuman satu ini juga dapat memberikan manfaat yang tak kalah penting untuk kesehatan. 

Infused water merupakan minuman yang terbuat dari campuran air dan potongan buah-buahan, seperti lemon, strawberry, timun, dan jeruk nipis. Buah tersebut akan direndam dalam air selama beberapa jam bahkan hingga semalaman di dalam lemari es. Selain buah, kamu juga dapat memilih sayuran sebagai bahan minuman menyehatkan ini. 

Tak hanya mencegah dehidrasi, infused water bisa menjadi minuman bergizi untuk tingkatkan asupan vitamin dalam tubuh. Manfaat apa saja yang bisa dirasakan dari infused water? Mengutip dari beberapa sumber, berikut manfaatnya:

1. Meningkatkan Hidrasi Tubuh

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangatlah penting supaya tubuh tetap sehat secara keseluruhan. Bila merasa sulit untuk minum air atau memakan buah, infused water bisa menjadi alternatif yang cocok untukmu.

Meski terasa sederhana, kebiasaan minum air dalam jumlah yang cukup sering kali dilupakan oleh sebagian besar orang.  Padahal kenyatannya, asupan air perlu untuk tercukupi selama menjalani aktivitas sehari-hari. Melansir dari WebMd, bila seseorang telah terkena dehidrasi berat, akan muncul efek samping seperti diare, muntah, demam, cedera akibat panas, kejang, dan lain-lain. 

2. Mengurangi Peradangan

Biasanya, buah-buahan yang akan digunakan untuk infused water antara lain buah sitrus dan buah beri. Kedua jenis buah ini mengandung antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Secara lebih lanjut, kandungan ini akan mengurangi peradangan yang berlebihan pada tubuh. Apabila dibiarkan, peradangan dapat meluas dan menimbulkan penyakit lainnya, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga radang sendi. Maka dari itu, infused water baik diminum untuk mencegah kondisi tersebut. 

3. Menurunkan Berat Badan

Alih-alih mengonsumsi minuman yang manis, sebaiknya konsumsi minuman yang lebih sehat, tetapi tetap memberikan rasa yang segar. Infused water menjadi solusi untuk mengurangi kadar gula atau karbohidrat dengan cara yang praktis. Meminum infused water dengan teratur dapat berkontribusi dalam menurunkan berat badan. Jika cara ini dilakukan secara rutin, maka berat badan pun dapat lebih terkendali secara signifikan. 

4. Memperkuat Imun Tubuh

Infused water dapat menjadi sumber vitamin C yang tinggi melalui buah-buahan yang digunakan, contohnya seperti lemon. Vitamin ini berkhasiat untuk menangkal radikal bebas dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi tubuh dengan asupan air yang cukup juga dapat membuat tubuh tidak mudah sakit dan terhindar dari risiko penyakit tertentu. 

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Minum banyak air memainkan peranan penting untuk melancarkan pencernaan. Tubuh yang terhidrasi dengan optimal akan terhindar dari risiko sembelit yang bisa membuat tubuh lesu dan kembung. Campuran air dan buah-buahan ini akan meningkatkan kesehatan pada organ pencernaan dan mempertahankan pergerakan usus agar tetap lancar. 

Jadi, bukan hanya menyegarkan, infused water melainkan juga akan memberikan manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. Yuk, cobain konsumsi infused water sebagai minuman sehari-hari!

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading