Sukses

Health

4 Makanan Penyebab Kolesterol Kambuh yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Jika Sahabat Fimela sedang berjuang untuk menjaga kadar kolesterol tetap rendah, mungkin sebaiknya memperhatikan bahwa ada beberapa makanan yang harus dihindari. Kolesterol tinggi adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Sehingga penting untuk mengetahui makanan mana yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Walaupun kolesterol bisa disebabkan karena makanan, tapi bukan berarti harus sepenuhnya menghindari makanan-makanan ini. Sebagian besar makanan dapat dimakan dengan bijak dalam konteks diet seimbang. Penting untuk memperhatikan porsi makanan, dan memilih sumber makanan yang sehat.

Jadi, makanan mana yang sebenarnya berbahaya? Jawabannya tergantung pada pola makan individual dan kondisi kesehatan. Sahabat Fimela juga bisa mengurangi daftar makanan penyebab kolesterol tinggi yang berikut ini:

Makanan Penyebab Kolesterol

1. Makanan Berlemak Tinggi

Awas makanan yang berlemak tinggi bisa memicu kolesterol naik. Makanan ini seperti daging merah berlemak, daging olahan, dan produk hewani lainnya. Lemak jenuh dalam makanan ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

2. Makanan Olahan

Makanan olahan bisa meningkatkan kolesterol. Contohnya makanan cepat saji, makanan beku, dan makanan kemasan. Makanan ini seringkali mengandung tambahan lemak trans dan kolesterol tambahan yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

Makanan Penyebab Kolesterol

3. Makanan Tinggi Gula

Ternyata makanan manis juga mengandung kolesterol. Hindari produk makanan tinggi gula seperti minuman manis, makanan pencuci mulut, dan makanan ringan. Gula yang dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan peningkatan trigliserida, yang juga merupakan faktor risiko penyakit jantung.

4. Makanan Tinggi Karbohidrat Olahan

Sering kali dijadikan sebagai camilan. Namun, makanan tinggi karbohidrat olahan seperti roti putih, kue, kue kering, dan makanan hasil olahan tepung harus dikonsumsi secara terbatas. Karbohidrat olahan dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.

Meskipun makanan-makanan di atas dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi, bukan berarti harus menghilangkannya sama sekali dari pola makan. Konsumsilah dengan jumlah yang seimbang dan jangan berlebihan. Selain itu, penting untuk memperhatikan pola makan secara keseluruhan, termasuk mengonsumsi lebih banyak makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan lemak sehat dari alpukat, kacang-kacangan, dan ikan.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading